The 3rd ISPST : Ajang Kolaborasi Membangun Inovasi dan Pengembangan Obat

Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran sukses menggelar seminar internasional “3rd International Seminar on Pharmaceutical Science and Technology” selama dua hari, yakni pada tanggal 23-24 Oktober 2018 di Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor.

ISPST merupakan forum untuk mahasiswa, peneliti, pendidik, pengamat dan praktisi dari universitas, lembaga penelitian, industri dan masyarakat umum untuk bertukar ide dan informasi terbaru di bidang Ilmu Farmasi, dan Teknologi.
Seminar yang diadakan ketiga kalinya tahun ini mengusung tema “Integrative and Innovative Drug Discovery and Development in Promoting Good Health and Well-Being of the UN Sustainable Development Goals”.

Penemuan dan pengembangan obat saat ini gencar dilakukan berbagai ilmuwan di Indonesia maupun di seluruh dunia karna pada dasarnya dilakukan untuk pencapaian salah satu tujuan global dari SDGs (Sustainable Development Goals). Seminar ini diisi dengan kegiatan seminar, poster session, dan oral presentation yang dihadiri oleh berbagai kalangan baik sebagai presenter maupun peserta. Sejumlah 128 abstrak diterima panitia dari berbagai institusi di dalam negeri dan luar negeri.

Seminar dibuka dengan sambutan dari ketua panitia Dr. Nyi Mekar Saptarini, M.Si., Apt. dan Dekan Fakultas Farmasi Prof. Dr Ajeng Diantini, M.Si., Apt., dengan harapan, seminar ini dapat menjadi sarana bagi para peneliti untuk berkontribusi dan menambah pengalaman. Juga membuka kesempatan untuk berkolaborasi dan menjalin hubungan antar peneliti yang saling membutuhkan.

Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Wakil Rektor III Universitas Padjadjaran Dr. Kery Lestari, M.Si., Apt., harapannya melalui seminar ini bisa menjadi ajang kolaborasi dan kerja sama dari berbagai kalangan di dunia kesehatan dan farmasi untuk membangun inovasi dan pengembangan obat dalam meningkatkan kesehatan di Indonesia. Kemudian seminar secara resmi dibuka dengan pemukulan goong sebagai simbolis peresmian acara telah dibuka.

Pada hari pertama menghadirkan pembicara kunci Direktur Produksi dan Distribusi Kefarmasian Kementerian Kesehatan RI Agusdini Banun Saptaningsih dengan moderator Prof. Dr. Ajeng Diantini M.Si., Apt. yang menyampaikan bagaimana pemerintah khususnya kementerian kesehatan mendukung penelitian dan pengembangan kesehatan sesuai dengan SDGs.

Kemudian keynote speaker kedua oleh Prof. Hidetoshi Arima, Ph.D. (Kumamoto University, Japan) menyampakan tentang “Potential Use of Cyclodextrins as Multi-functional Drug Carriers and Active Pharmaceutical Ingredients” dengan moderator Nasrul Wathoni Ph.D., Apt.
Dilanjutkan dengan invited speaker oleh Prof. Dr. Yahdiana Harahap, M.S., Apt. (Indonesia University, Indonesia) dan pembicara selanjutnya ialah Prof. Dr. Dato’ Ibrahim Jantan (Universiti Kebangsaan Malaysia) dengan moderator Prof. Dr. Moelyono MW., M.S., Apt. Acara diselingi oleh lunch break dan Poster session yang dipajang dari hasil karya para peserta. Lalu dilanjutkan kembali dengan invited speaker selanjutnya yaitu Assoc. Prof. Nurul Asma Abdullah, Ph.D. (Universiti Sains Malaysia) dan selanjutnya oleh Prof. Dr. Muchtaridi, M.Si., Apt (Universitas Padjadjaran, Indonesia) dengan moderator Dr. Tina Rostinawati M.Si., Apt. Acara dilanjutkan dengan oral presentation hasil peserta yang dilakukan di beberapa tempat dalam Gedung Rektorat Unpad.

Pada hari kedua, seminar diawali keynote speaker oleh Assoc. Prof. Veysel Kayser (University of Sydney, Australia) dengan “New Methods for the Development and Study of Degradation of Biologics Vaccines: Therapeutic Monoclonal Antibodies and Influenza Vaccines” dimoderatori oleh Prof. Resmi Mustarichie Ph.D., Apt.
Dilanjutkan dengan invited speaker oleh Prof. Dr. Mohd Chairul Iqbal Mohd Amin (Universiti Kebangsaan Malaysia) dan selanjutnya dari Dr. Nur Kusaira Binti Khairul Ikram (University of Malaysia) dengan moderator Dr. SandraMegantara M.Farm., Apt.

Acara diselingi oleh lunch break dan Poster session kemudian dilanjutkan kembali dengan invited speaker selanjutnya yaitu Subramani Parasuraman, M.Pharm., Ph.D. (AIMST University, Malaysia) dan juga oleh Dr. rer. nat. Anis YohanA Chaerunisa, M.Si., Apt (Universitas Padjadjaran, Indonesia) dengan moderator Holis Abd. Holik Ph.D., Apt.

Acara dilanjutkan kembali dengan poster session dan oral presentation oleh para peserta. Rangkaian acara seminar ini ditutup oleh sambutan penutup oleh Dekan Fakultas Farmasi, Prof. Dr. Ajeng Diantini M.Si., Apt. dan dilakukan foto bersama dan sampai pada penghujung acara, seminar ini telah berlangsung dengan lancar.

Semoga dengan berlangsungnya acara ini dapat membawa dan membangun inovasi untuk pengembangan obat dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan yang baik.

Galeri foto dapat dilihat di instagram @ffupofficial

Penulis : Putri Kholila, Tim Pubdok The 3rd ISPST

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363 - Indonesia, Telp : 84288888 Ext. 3510
Contact Us: farmasi@unpad.ac.id