Farmasi Unpad Hadiri Kongres Sekolah Farmasi se-Asia

Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, mengirim delegasi ke Asian Association of Schools of Pharmacy-Malaysian Pharmaceutical Society Pharmacy Scientific Congress (AASP-MPSPSC) 2009 yang berlangsung 10-13 Juni mendatang.

Fakultas Farmasi Unpad akan menghadiri kegiatan Curriculum Review Pharmacy School tingkat Asia yang membahas perkembangan farmasi serta penyempurnaan kurikulum sekolah farmasi se-Asia di Universitas Sains Malaysia (USM) Penang, Malaysia, 12 Juni 2009 mendatang. Kegiatan curriculum review tersebut merupakan bagian dari kegiatan AASP-MPSPSC. Keikutsertaan ini merupakan untuk yang pertama kali bagi Unpad.

Untuk itu, Unpad akan memanfaatkan forum tersebut untuk presentasi kurikulum yang ada di Farmasi Unpad. Selain itu juga melihat kurikulum yang ada di sekolah farmasi lain di Asia.

“Di sana kita akan melihat apa saja yang harus dilengkapi, sehingga kurikulum akan menjadi lebih baik lagi,” kata Dekan Fakultas Farmasi Unpad, Prof Dr Anas Subarnas MSc Apt, di sela penandatanganan kerja sama antara Unpad dengan USM di Bandung.

Sementara itu, Dekan Fakultas Farmasi School of Pharmacy USM, Prof Syed Azhar Syed Sulaiman, mengatakan akan bertindak sebagai tuan rumah bagi pelaksanaan kongres yang diikuti oleh 50 dekan sekolah farmasi di seluruh Asia tersebut.

Kegiatan curriculum review itu dipandangnya sangat penting bagi pembangunan kualitas pendidikan farmasi yang lebih baik serta setara di seluruh negara Asia dan internasional.

Syed menuturkan, pertemuan ini dikhususkan untuk Asia karena kepentingan dan kebutuhan Asia berbeda dengan kebutuhan benua lain di dunia. Dia mencontohkan banyaknya penggunaan bahan-bahan alami di Asia.

“Jadi review ini bertujuan untuk menghasilkan standar kurikulum farmasi di Asia. Dengan standar yang sama ini, nantinya pertukaran mahasiswa atau dosen di antara universitas tidak akan terjadi masalah,” ujar Prof Syed Azhar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363 - Indonesia Telepon: (022) 7796200 Faksimile: (022) 7796200
Contact Us: farmasi@unpad.ac.id