[farmasi.unpad.ac.id] Serial Workshop “Single Punch Tableting Machine” pada hari Kamis tanggal 21 November 2019 yang diikuti sebanyak 57 siswa dari SMK Bina Harapan Sumedang berjalan dengan lancar di Laboratorium Farmasetika dan Teknologi Farmasi Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran. Kegiatan ini merupakan program yang digagas oleh Pusat Studi Penghantaran dan Disposisi Obat Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran sebagai wujud pendekatan diri dan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Dr. Sriwidodo, M. Si., Apt. selaku Kepala Departemen Farmasetika dan Teknologi Farmasi Universitas Padjadjaran.

“Fakultas Farmasi, dalam hal ini Departemen Farmasetika dan Teknologi Farmasi memiliki komitmen mengembangkan ilmu dan praktek kefarmasian khususnya bidang farmasi industri dan sediaan kosmetik. Workshop yang diselenggarakan bekerja sama dengan Pusat Studi Penghantaran dan Disposisi Obat FFUP sebagai salah satu wujud pengabdian pada masyarakat, termasuk siswa SMK farmasi yang diharapkan menambah bekal keahlian teknis di bidang pembuatan sediaan farmasi. Siswa SMK mendapat kesempatan mengetahui bagaimana prinsip pembuatan tablet menggunakan mesin tablet single punch, mulai dari penimbangan, pencampuran, pencetakan, dan evaluasi fisik. ” ujar Dr. Sriwidodo, M. Si., Apt. dalam sambutannya.

Materi mengenai tablet diberikan oleh Dr. Yoga W. Wardhana, M. Si., Apt., Kepala Laboratorium Teknologi Farmasi Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran. Dalam materinya, ia menyampaikan bahwa sediaan tablet adalah bentuk sediaan yang paling populer di pasar sehingga farmasis perlu mengenal lebih baik faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas sediaan tablet tersebut.

Kemudian para siswa diajak untuk melakukan simulasi pembuatan tablet dimulai dari cara pengisian batchsheet, cara perhitungan jumlah tablet, evaluasi masa cetak, pencetakan tablet, sampai dengan evaluasi tablet secara langsung di laboratorium.

“Saya senang bisa mengikuti workshop di Unpad untuk pertama kalinya. Saya juga bisa tahu pembuatan tablet yang nyatanya seperti apa bukan sekedar teoritisnya saja” ujar salah satu siswa mengenai kesan setelah mengikuti workshop ini.

Sriwidodo menambahkan bahwa dengan sharing ilmu dan praktek ini, diharapkan dapat memberikan motivasi tenaga teknis yang terampil dan berwawasan luas sehingga berdampak pada kemajuan dunia farmasi nasional.

Bagi yang berminat untuk mengikuti workshop ini bisa menghubungi CP : 0812 20 200 575 (Budi). Selain workshop terkait Tablet, juga bisa mengikuti serial workshop Kosmetik.

Koresponden : Tazyinul Qoriah