Sinopsis Buku “Pemodelan Molekul dalam Kimia Medisinal”Summary of Molecular Modelling in Medicinal Chemistry

Buku ini membahas tentang dasar-dasar sederhana pemodelan molekul yang akan mudah dimengerti oleh pemula. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang representasi ligan, analisis kantung ikatan beberapa makromolekul, jenis-jenis interaksi antara ligan dengan makromolekul, serta hubungan antara pemodelan molekul dengan studi in vitro dan in vivo. Sebagai pelengkap disediakan juga informasi mengenai beberapa freeware pemodelan molekul yang dapat diakses secara non-komersial dari situs-situs tertentu.

Beberapa contoh yang dituliskan di dalam buku ini adalah merupakan hasil penelitian penulis beserta team, yang telah dipublikasikan di dalam jurnal nasional dan internasional, serta dipresentasikan di dalam seminar nasional dan internasional.
Akhir kata mengutip ulasan dari pakar Kimia Medisinal, Prof. Dr. Daryono Hadi T., Apt, tentang buku ini: Sebagai upaya untuk membantu mahasiswa dan peneliti dalam memahami atau memprediksi sifat fisikokimia suatu senyawa bioaktif dan bagaimana senyawa tersebut berinteraksi dengan protein reseptor atau makromolekul lain maka buku yang berisi tentang pemodelan molekul ini akan sangat membantu.

This book discusses about the simple basics of molecular modeling which is easily to be understood by beginners. It also explains about ligand representation, analysis of binding pocket, interaction of ligand and macromolecule, and the relationship between molecular modeling with in vitro and in vivo studies. Informations concerning molecular modeling freewares are also provided.

Some examples written in this book are based on the author’s experimental results which have been published in journals or presented in seminars.

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363 - Indonesia Telepon: (022) 7796200 Faksimile: (022) 7796200
Contact Us: farmasi@unpad.ac.id