Selayang Pandang Kegiatan Pharmcamp

Kegiatan PUSDI Pharmapreneur Fakultas Farmasi Unpad

“Pharmapreneur Camp” Angkatan I

Subang, 5-7 Maret 2017

 

Tentang Pharmapreneur Camp FFUP

Pharmapreneur Camp FFUP merupakan kegiatan pelatihan entrepreneurship bagi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Pharmapreneur Fakultas Farmasi Unpad yang baru saja dibentuk tahun 2017. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 5-7 Maret 2017 di Kasomalang, Subang. Kegiatan yang diberi nama Pharmapreneur Camp Angkatan I mengambil tema: “Menumbuhkan jiwa kewirausahaan di bidang kesehatan sebagai upaya membantu kemandirian bangsa”, yang diikuti oleh 29 mahasiswa Prodi Sarjana tingkat akhir selama tiga hari dengan penuh antusias.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menghasilkan startup wirausaha yang dibentuk dari kelompok mahasiswa yang sebelumnya telah dibekali kuliah kewirausahaan. Melalui pelatihan ini mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung di lapangan dan secara intens dibantu oleh mentor bisnis PT. SDU sebagai mitra kegiatan pharmapreneurship F Farmasi Unpad.

Rangkaian kegiatan ini dikemas dengan baik dan menarik dengan materi yang terdiri atas, pemberian materi umum tentang pharmapreneurship, dilanjutkan dinamika kelompok penyusunan rencana bisnis, simulasi bisnis, konsultasi bisnis bersama mentor pengusaha bidang farmasi yang berbasis minyak atsiri. Kegiatan ini semakin menyenangkan karena dilengkapi dengan peninjauan lapangan kebun sereh wangi sambil tracking, melihat pengolahan minyak atsiri, dan meninjau pabrik produksi consumer good yang bekerjasama dengan WETHA selaku partner inkubasi bisnis mahasiswa yang dikelola oleh salah satu alumni Famasi UNPAD Bapak Ihya Nurul Islam, Apt. Kegiatan ini didampingi empat dosen pendamping yaitu Angga Prawira K, MARS, Arief Budiman MSi., Arief Satria M.Si., dan Sriwidodo, M.Si. Kegiatan ini difasilitasi oleh WD 2 Mutakin, PhD., Kaprodi S1 Dr. rer.nat Anis Yohana Ch, dan manager akademik & kemahasiswaan Dr. Ida Musfiroh. Tiga orang tendik ditugasi membantu kegiatan, dan mobilisasi peserta mendapat fasilitas dua Bus dari Universitas.

 

Jalannya Kegiatan

Hari pertama, peserta mendapatkan pengarahan dari WD 1 Fakultas Farmasi Unpad mewakili Dekan yang sedang menghadiri undangan BPOM di Malang. Dalam kesempatan itu, Dr. Tiana Milanda selaku WD1 menyampaikan sangat mendukung kegiatan seperti ini dan diharapkan berlanjut secara rutin dengan peserta seluruh angkatan. Selanjutnya ketua Pusdi Pharmapreneur, Dr. Yopi Iskandar juga menyampaikan ucapan terima kasihnya atas dukungan Fakultas dalam memfasilitasi kegiatan sehingga program ini bisa berjalan sesuai dengan tujuan pembentukan Pusdi, salah satunya yaitu menjadi inkubator bisnis sebagai wadah mencetak startup usaha yang dibangun oleh sivitas akademika berkolaborasi dengan alumni. Selanjutnya materi pharmapreneur camp diisi dengan materi umum, dilanjutkan dengan diskusi kelompok melalui simulasi mengenal personal yang memiliki kekuatan sebagai leader, produksi, QC, dan marketing. Sesi siang diselingi dengan outbond berupa latihan memanah sebagai latihan untuk fokus pada sasaran. Sesi malam diisi dengan motivasi bisnsi dari Pusdi, dilanjutkan dengan dinamika kelompok, merancang bisnis sesuai dengan ide dan kreativitas peserta yang dimusyawarahkan menghasilkan satu rencana bisnis yang disepakati bersama.

Sambutan WD1 Fakultas Farmasi UNPAD

Sesi Latihan Panahan

Hari kedua, acara berupa peninjauan kebun sereh wangi dan pengolahan minyak atsiri di puncak bukit seluas lebih dari 200 hektar dengan berjalan kaki melintasi hutan bambu, perkebunan, persawahan dan sungai yang sekaligus mengenalkan potensi alam pada mahasiswa. Meskipun perjalanan mendaki dan menurun, peserta melalui track dengan penuh keceriaan dan kebersamaan, sehingga tumbuh kekompakan saling membantu dan saling mendukung.

Keceriaan dan Kebersamaan saat Tracking Menuju Kebun Sereh (bahan atsiri)

Kebun Sereh sebagai Bahan Baku Produk

Peninjauan ke Tempat Pengolahan Atsiri (sereh)

Peninjauan ke Tempat Pengolahan Karbol Produk Atsiri (sereh)

Setelah kembali ke camp, seluruh peserta istirahat sebentar dan tidak lama sudah berkumpul untuk mengikuti materi motivasi bisnis dari pelaku usaha yang sudah berhasil menggeluti usaha berbasis kekayaan alam Indonesia dengan pasar ekspor. Seluruh peserta mengikuti dengan semangat dan tidak tampak kelelahan selepas tracking pagi hingga siang. Hal ini disebabkan karena materi yang disampaikan oleh Bu Puji selaku entrepreneur sukses, sangat menarik dan menginspirasi peserta. Setelah materi, sesi diskusi dan klinik bisnis dimanfaatkan hampir semua peserta untuk menggali lebih dalam konsep bisnis, pengalaman suka dan duka, tips dan trik, bahkan curhat.

Sesi Diskusi dan Klinik Bisnis

Pada sesi malam, peserta kemudian melakukan diskusi kelompok menajamkan rencana bisnis masing-masing didampingi oleh dosen pendamping yang memberi masukan, pandangan, dan arahan. Diskusi berjalan sangat hidup, dan kemudian diakhiri dengan acara kebersamaan.

Sesi Diskusi Kelompok dipandu oleh Pembimbing

Semangat Mahasiswa dan Peserta dalam Diskusi Produk

 

Hari ketiga, kegiatan pagi hari diisi dengan outbond dengan mengadakan lomba memanah secara kelompok. Setelah itu peserta mengunjungi pabrik produksi consumer good berbasis bahan alam dengan sangat antusias. Dari peninjauan langsung tersebut, peserta mendapatkan pengalaman berharga untuk membuat startup usaha. Setelah selesai kunjungan, seluruh peserta mengakhiri kegiatan dan pulang ke kampus dengan membawa pengalaman berharga untuk menjalankan startup usaha.

Sesi Lomba Panahan sebagai Latihan Fokus pada Target Sasaran Pharmapreneur

Rencana tindak lanjut

Berdasarkan kesan dan pesan dari peserta, kegiatan seperti ini dinilai sangat bermanfaat dan menyenangkan, sehingga memudahkan mereka untuk merealisasikan ide dalam bentuk rencana bisnis. Begitu pula para dosen pendamping melihat semangat dan kesungguhan peserta dalam melibatkan diri pada setiap sesi, dan ini diamini oleh instruktur dan narasumber pelatihan.

Berdasarkan hal tersebut, Ibu dekan Prof. Ajeng Diantini beserta seluruh jajarannya mengharapkan kegiatan ini dapat ditindaklanjuti hingga menghasilkan 4 startup dengan produk-produk komersil berbasis bahan alami. Dalam rencananya, Bulan April ini akan diselenggarakan expo produk beserta startup usaha yang dibangun oleh kelompok mahasiswa, terutama yang telah mengikuti Pharmapreneur camp angkatan I.

Keceriaan Peserta Usai Kegiatan Pharmapreneur Camp Angkatan I FFUP

Kontributor : Sriwied

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363 - Indonesia Telepon: (022) 7796200 Faksimile: (022) 7796200
Contact Us: farmasi@unpad.ac.id