Pascasarjana Ilmu Farmasi

MAGISTER ILMU FARMASI

Visi

Visi Program Studi Magister Farmasi adalah menjadi Program Studi Magister Ilmu Farmasi yang unggul dalam riset dan berdaya saing secara regional pada tahun 2019.

Misi

Misi Program Studi Magister Ilmu Farmasi (2015-2019):

  1. Menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi di PS Magister Ilmu Farmasi yang mampu memenuhi tuntutan masyarakat pengguna (stakeholders) jasa pendidikan tinggi farmasi;
  2. Menyelenggarakan pendidikan magister ilmu farmasi, yang berdaya saing internasional dan relevan dengan tuntutan pengguna (stakeholders) jasa pendidikan tinggi dalam memajukan perkembangan intelektual dan kesejahteraan masyarakat;
  3. Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan magister ilmu farmasi yang profesional dan akuntabel untuk meningkatkan citra fakultas farmasi;
  4. Membentuk insan akademik magister ilmu farmasi yang menjunjung tinggi keluhuran budaya lokal dan budaya nasional dalam keragamanan budaya dunia.

Tujuan Penyelenggaraan Pendidikan Program Studi

  1. Tercapainya lulusan magister ilmu farmasi berdaya saing regional yang menjunjung budaya lokal;
  2. Tercapainya hasil riset dan inovasi unggul di bidang ilmu farmasi yang dilandasi Pola Ilmiah Pokok Unpad;
  3. Tercapainya PS Magister Ilmu Farmasi yang unggul di kawasan regional;
  4. Terwujudnya kemaslahatan bersama melalui konsep pentahelix.
  5. Terbangunnya sumber daya magister ilmu farmasi sebagai pendukung keunggulan akademik.

Keterangan lengkap terkait Program Magister Ilmu Farmasi dapat mengakses link berikut:

http://farmasi.unpad.ac.id/pascasarjana/

DOKTOR ILMU FARMASI

Visi Program Studi Doktor Farmasi adalah Menjadi Program Studi Doktor Farmasi  yang Unggul dalam Riset dan Inovasi yang Berdaya Saing Internasional pada Tahun 2024 berlandaskan Pola Ilmiah Pokok Unpad.

Misi Program Studi Doktor Farmasi adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat berbasis riset yang mampu memenuhi tuntutan masyarakat pengguna jasa pendidikan doktor farmasi
  2. Meningkatkan kualitas penelitian yang berdaya saing regional dan relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tuntutan pengguna jasa pendidikan doktor farmasi
  3. Meningkatkan pengabdian masyarakat di Jawa Barat berdasarkan inovasi-inovasi penelitian yang dapat digunakan untuk peningkatan Indeks Pembangunan Manusia
  4. Terwujudnya kemaslahatan bersama melalui konsep pentahelix
  5. Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan doktor farmasi yang profesional dan akuntabel untuk meningkatkan citra perguruan tinggi yang unggul di tingkat Internasional

 

Tujuan Program Studi Doktor Farmasi adalah :

  1. Tercapainya lulusan Program Studi Doktor Farmasi berdaya saing regional dalam penelitian dengan minat:
    1. Bidang Farmasetika dan Teknologi Farmasi
    2. Bidang Pemastian mutu dalam Analisis Farmasi
    3. Bidang Penemuan dan perancangan Obat dalam Kimia Medisinal
    4. Bidang produksi dan pengembangan senyawa pemandu atau senyawa bioaktif dalam farmakologi dan bahan alam
    5. Bidang pelayanan farmasi komunitas dan klinik berserta manajemennya
    6. Bahan alam Farmasi

yang menjunjung budaya lokal  dan budaya nasional dalam keragamanan budaya dunia

  1. Tercapainya hasil riset dan inovasi unggul di bidang farmasi secara nasional maupun internasional dilandasi Pola Ilmiah Pokok Unpad berupa publikasi ilmiah yang bereputasi, paten, buku ajar berbasis hasil penelitian, produk inovatif, dan prototipe untuk kemaslahatan masyarakat
  2. Terlaksananya luaran riset dalam peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Jawa Barat umumnya di tingkat regional untuk peningkatan IPM
  3. Terwujudnya kerjasama-kerjasama penelitian dengan stake holder, Universitas di tingkat Internasional dan terbangunnya kerjasama pentahelix dalam hilirisasi hasil penelitian
  4. Terbangunnya sumber daya pendukung keunggulan akademik farmasi yang profesional dan akuntabel

 

Capaian pembelajaran Program Doktor Farmasi meliputi aspek sikap, keterampilan umum, pengetahuan dan keterampilan khusus.  Capaian pembelajaran yang meliputi aspek sikap yaitu:

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius ;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara ;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Memiliki karakter Responsible, Excellent, Scientific Rigor, Professional, Encouraging, Creative, dan Trust (RESPECT).
  12. Mampu menjunjung tinggi nilai-nilai adiluhung budaya lokal dan budaya nasional dalam keragaman budaya dunia

Capaian Pembelajaran yang mencakup aspek keterampilan umum yaitu :

  1. Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di bidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;
  2. Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoretis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan di jurnal internasional bereputasi;
  3. Mampu memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, dalam rangka mengembangkan dan/atau menghasilkan penyelesaian masalah di bidang keilmuan, teknologi, seni, atau kemasyarakatan, berdasarkan hasil kajian tentang ketersediaan sumberdaya internal maupun eksternal;
  4. Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas;
  5. Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat;
  6. Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan dan pembinaan sumberdaya serta organisasi yang berada dibawah tanggung jawabnya;
  7. Mampu mengelola, termasuk menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi hasil penelitian yang berada dibawah tanggung jawabnya; dan
  8. Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerjasama dengan komunitas peneliti diluar lembaga.

 

Capaian Pembelajaran yang mencakup aspek keterampilan khusus yaitu :

  1. Mampu menemukan atau mengembangkan sains dan teknologi yang mempunyai nilai kebaruan (novelties) di bidang kefarmasian melalui riset hingga menghasilkan karya ilmiah yang kreatif, aplikatif, original dan mendapatkan pengakuan secara nasional maupun internasional.
  2. Mampu menguasai dan melakukan perluasan ilmu dan teknologi yang mempunyai nilai kebaruan dalam hal penggunaan dan pengembangan perbekalan kefarmasian (bahan baku obat, bahan baku obat tradisional, bahan baku kosmetik, sediaan obat, sediaan obat tradisional, dan kosmetika) serta produk terkait dengan kesehatan (makanan minuman, alat kesehatan dan diagnostika) melalui riset dan mendiseminasikan dalam pertemuan ilmiah baik nasional maupun internasional dan atau dipublikasikan minimal pada jurnal Internasional bereputasi.
  3. Mampu menguasai dan melakukan perluasan ilmu dan teknologi yang mempunyai nilai kebaruan terkait dengan peningkatan efektivitas dan efisiensi pekerjaan kefarmasian (pengadaan, produksi, distribusi dan pelayanan) melalui riset dan diseminasikan dalam pertemuan ilmiah baik nasional maupun internasional dan atau dipublikasikan minimal pada jurnal Internasional bereputasi.
  4. Mampu melakukan pendalaman, pengintegrasian dan pengembangan konsep ilmu dan teknologi kefarmasian ke dalam berbagai konteks permasalahan melalui riset dengan pendekatan inter-,  multi-,  atau trans-disiplin.
  5. Mampu mengelola, memimpin, dan membangun jejaring program riset serta peta jalan riset dasar maupun terapan dibidang kefarmasian memanfaatkan sains dan teknologi untuk menghasilkan karya ilmiah yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia serta terakui secara nasional maupun internasional.
  6. Mampu memimpin dan mengatur tim riset mono-, multi-, atau trans- disiplin di lingkungan perguruan tinggi, lembaga riset departemen atau non departemen, industri ataupun swadaya masyarakat.
  7. Mampu merencanakan dan melaksanakan peta jalan riset, serta mengevaluasi hasil riset.
  8. Mampu mendidik dan membimbing mahasiswa untuk memahami dan melakukan penelitian di bidang sains, teknologi farmasi dan farmasi klinik.
  9. Mampu merancang dan melakukan pengembangan dalam rangka peningkatan mutu pelayanan farmasi klinik melalui pendekatan ilmiah yang inovatif , teruji dan orisinal
  10. Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi di bidang farmasi berbasis riset yang didasarkan pada Pola Ilmiah Pokok (PIP) Unpad, yaitu Bina Mulia Hukum dan Lingkungan dalam Pembangunan Nasional.

 

Capaian Pembelajaran yang mencakup aspek pengetahuan yaitu :

  1. Menguasai filosofi keilmuan bidang farmasi
  2. Menguasai teori farmasi dengan spesialisasi tertentu, perkembangan farmasi terkini, termaju dan terdepan serta aplikasi teori disiplin lain yang relevan dengan pengembangan keilmuan farmasi

 

Struktur Mata Kuliah

 

No Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS Mata Kuliah Prasyarat
SEMESTER 1 (11 SKS)
1. P30A.01041 Seminar Usulan Riset 2(2-0)
SEMESTER 2 (4 SKS)
1. P30A.02701 Seminar Kemajuan Riset 1 3(3-0) P30A.01041
SEMESTER 3 (4 SKS)
1. P30A.03701 Seminar Kemajuan Riset 2 3(3-0) P30A.02701
SEMESTER 4 (4 SKS)
1. P30A.04701 Seminar Kemajuan Riset 3 3(3-0) P30A.03701
SEMESTER 5 (4 SKS)
1. P30A.05701 Publikasi Artikel Ilmiah 15(15-0)
SEMESTER 6 (15 SKS)
1. P30A.06701 Seminar hasil riset 5(5-0) P30A.05701
2. P30A.06702 Penelaahan Naskah Disertasi 6(6-0)
3. P30A.06703 Sidang Promosi Doktor 5(5-0)

 

 

Metode, Bentuk dan Program Pembelajaran

 

Kode MK Nama MK Prog.Pembelajaran Bentuk Pembelajaran Metode pembelajaran Dosen
P30A.01041 Seminar Usulan Riset Seminar usulan riset merupakan rencana kerja mahasiswa yang tersusun menjadi kerangka disertasi berbasis data empirik Seminar Pembelajaran berbasis masalah Tim pembimbing dan Penguji
P30A.02701 Seminar Kemajuan Riset 1 Seminar kemajuan riset merupakan kemajuan riset mahasiswa berupa output riset meliputi keikutsertaan dalam seminar, publikasi di jurnal Seminar Pembelajaran berbasis masalah Tim pembimbing dan Penguji
P30A.03701 Seminar Kemajuan Riset 2 Seminar kemajuan riset merupakan kemajuan riset mahasiswa berupa output riset meliputi keikutsertaan dalam seminar, publikasi di jurnal Seminar Pembelajaran berbasis masalah Tim pembimbing dan Penguji
P30A.04701 Seminar Kemajuan Riset 3 Seminar kemajuan riset merupakan kemajuan riset mahasiswa berupa output riset meliputi keikutsertaan dalam seminar, publikasi di jurnal Seminar Pembelajaran berbasis masalah Tim pembimbing dan Penguji
P30A.05701 Publikasi artikel ilmiah Merupakan bagian dari disertasi untuk dipublikasikan dalam jurnal internasional   bereputasi Seminar Pembelajaran berbasis masalah Dr. Aliya Nur Hasanah M.Si
P30A.06701 Seminar hasil riset Merupakan seminar yang dilaksanakan setelah mahasiswa melaksanakan riset dalam rangka penyusunan disertasi Seminar Pembelajaran berbasis masalah Tim pembimbing dan Penguji
P30A.06702 Penelaahan Naskah Disertasi Merupakaan telaah terhadap naskah disertasi yang dilakukan mahasiswa dan ujian terkait naskah disertasi Seminar Pembelajaran berbasis masalah Tim pembimbing dan Penguji
P30A.06703 Sidang Promosi Doktor Merupakan sidang promosi yang dilakukan setelah mahasiswa lulus dalam penelahaan naskah disertasi dilakukan dalam bentuk sidang terbuka Seminar Pembelajaran berbasis masalah Tim pembimbing dan Penguji

 

Kegiatan Pembelajaran

  1. Mahasiswa tidak diwajibkan mengambil sejumlah sks untuk mata kuliah tertentu, namun disarankan mengambil berbagai mata kuliah tertentu yang dianggap perlu pada Prodi di Unpad atau di luar Unpad (sit in), dengan tujuan pengayaan pengetahuan yang relevan dengan rencana riset disertasi
  2. Pengambilan mata kuliah sebagaimana disebutkan dalam butir a, dilakukan berdasarkan rekomendasi atau persetujuan Ketua Promotor;
  3. Monitoring terkait mata kuliah yang diambil, kehadiran dan kemajuan riset dilakukan melalui laporan kemajuan bulanan yang disetujui promotor dan diketahui Prodi
  4. Apabila tidak dilakukan proses pelaporan kemajuan riset melalui form kemajuan bulanan penelitian maka mahasiswa yang bersangkutan tidak diperbolehkan mengikuti seminar kemajuan riset yang merupakan syarat SKS yang harus dipenuhi selama studi S3
  5. Pengurusan administrasi terkait pengambilan mata kuliah di luar Unpad merupakan tanggung jawab mahasiswa yang bersan

 

Kompetensi Lulusan

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi dalam bidang farmasi melalui riset  eksperimen, deduksi teoretis atau komputasi/simulasi yang inovatif, sehingga menghasilkan karya inovatif dan teruji dan orisinal.
  2. Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang farmasi melalui pendekatan inter, trans, dan multidisiplin.
  3. Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan penelitian yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia, serta mendapatkan pengakuan nasional dan internasional.

Persyaratan dan Pengumuman Bagi Calon Mahasiswa Program Doktor Ilmu Farmasi dapat mengakses link berikut:

https://smup.unpad.ac.id/persyaratan-s3/

Pedoman Penulisan Usulan Penelitian dan Tesis/Disertasi dapat diunduh pada  link di bawah ini:

Pedoman Tesis Disertasi FFUP 2017

Leaflet/Brosur Program Gelar Ganda dan Program Doktor Ilmu Farmasi dapat diunduh pada link di bawah ini:

Leaflet Program Double Degree

Leaflet Program Doktor Ilmu Farmasi

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363 - Indonesia Telepon: (022) 7796200 Faksimile: (022) 7796200
Contact Us: farmasi@unpad.ac.id