Magister Farmasi Klinik

MAGISTER FARMASI KLINIK

Visi

Menjadi Program Studi Unggul dalam Penyelenggaraan Pendidikan Magister Farmasi Klinik Berbasis Riset yang Berdaya Saing Internasional pada Tahun 2024.

Visi Program Studi Magister Farmasi Klinik saat ini terbagi menjadi 2 periode :

1. Periode 2015-2019 : Menjadi Program Studi Unggul dalam Penyelenggaraan Pendidikan Magister Farmasi Klinik Berbasis Riset yang Berdaya Saing Regional pada Tahun 2019.

2. Periode 2020-2024 : Menjadi Program Studi Unggul dalam Penyelenggaraan Pendidikan Magister Farmasi Klinik Berbasis Riset yang Berdaya Saing Internasional pada Tahun 2024

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan magister farmasi klinik berbasis riset yang relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memenuhi tuntutan masyarakat pengguna.
  2. Menyelenggarakan pengelolaan Program Studi Magister Farmasi Klinik yang profesional, akuntabel dan berdaya saing regional.
  3. Menyelenggarakan riset di bidang farmasi klinik yang berlandaskan Pola Ilmiah Pokok (PIP) Unpad.
  4. Menyelenggarakan pelayanan/pengabdian pada masyarakat dengan memanfaatkan hasil riset di bidang farmasi klinik.
  5. Menyelenggaraan kerjasama di bidang farmasi klinik melalui konsep pentaheliks.

Program Studi Magister Farmasi Klinik Universitas Padjadjaran mulai berdiri pada tanggal 10 Januari 2011.  Berdasarkan Surat Keputusam LAM-PTKes No. 0743/LAM-PTKes/Akr/Mag/XI/2017 pada tanggal 25 November 2017, Program studi ini mendapatkan status akreditasi dengan peringkat A dan berlaku sampai dengan 25 November 2022.

Kurikulum yang berlaku di Prodi Magister Farmasi Klinik dirancang melalui hasil lokakarya kurikulum dan benchmarking dengan institusi dalam maupun luar negeri. Metode pembelajaran menggunakan perkuliahan dengan metode Interactive Teaching, Student Centered Learning, Research Based Learning, Project Based Learning, dan e-learning, pemberian tugas-tugas dan kerja praktik. Capaian pembelajaran mengacu pada deskripsi jenjang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sesuai Perpres Nomor 8 Tahun 2012 dan Permenristedikti No 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Kurikulum

Program Studi Farmasi Klinik terdiri dari 3 konsentrasi, yaitu Farmasi Klinik, Farmasi Rumah Sakit, dan Biokimia Klinik. Beban studi kumulatif pendidikan di Program Studi Magister Farmasi Klinik terdiri dari 41 SKS (Konsentrasi Farmasi Klinik dan Farmasi Rumah Sakit) atau 44 SKS (Konsentrasi Biokimia Klinik). Total SKS tersebut terbagi menjadi  16 SKS Mata Kuliah Wajib Program Studi, 17-20 SKS Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi, 2 SKS Seminar Usulan Penelitian, 2 SKS Seminar Hasil Penelitian, 3 SKS Ujian Tesis dan 1 SKS Karya Ilmiah. Waktu studi PSMFK  dijadwalkan untuk 4 (empat) semester. Dalam pelaksanaannya dapat ditempuh paling lama 8 (delapan) semester atau 4 (empat) tahun

Pada  Semester I dan Semester II, terdapat Mata Kuliah Wajib yang mendukung pencapaian Kompetensi Utama berupa Penguasaan Pengetahuan/Keilmuan, yaitu mampu memecahkan permasalahan pelayanan farmasi klinik, farmasi rumah sakit atau laboratorium klinik menggunakan pendekatan inter atau multidisipliner yang bertumpu pada konsep teoritis filsafat ilmu, metodologi penelitian, biostatistika, pengantar farmasi klinik dan komunitas, toksikologi klinik, farmakokinetika klinik, informasi obat, konseling, evidence-based medicine dan teknik aseptis untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Pada Semester I, II dan Semester III, terdapat berbagai Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi yang mendukung pencapaian Kompetensi Utama berupa Penguasaan Pengetahuan/Keilmuan dan Ketrampilan Khusus dari masing-masing konsentrasi.

Pencapaian Kompetensi Pendukung berupa Sikap didukung oleh mata kuliah Filsafat Ilmu dan Pengantar Farmasi Klinik dan Komunitas. Pencapaian Kompetensi Pendukung berupa Ketrampilan Umum didukung oleh mata kuliah Metodologi Penelitian, Biostatistika (Semester I), Seminar Usulan Penelitian (Semester II), Seminar Hasil Penelitian, Ujian Tesis dan Karya Ilmiah (Semester IV).

Keunggulan Program Studi

  1. Pendidikan yang terintegrasi dalam Academic Health System (AHS) dengan Inter Professional Education (IPE) pada fasilitas praktek Farmasi Klinik dan pelayanan kefarmasian yang lengkap di Rumah Sakit Pendidikan, Rumah Sakit jejaring, Laboratorium Klinik, dan Apotek Pendidikan.
  2. Dosen yang mengajar terdiri dari Apoteker (akademisi dan praktisi), Dokter, dan Laboratorium Klinis.
  3. Praktek (9 bulan) menjadi mata kuliah wajib sehingga mendekatkan mahasiswa pada pasien, kondisi nyata di dunia kerja, dan meningkatkan kemampuan problem solving.
  4. Didukung oleh Pusat Studi Pengembangan Pelayanan Kefarmasian yang menjadi wahana riset untuk pengembangan pelayanan kefarmasian termasuk pengembangan pendidikan Farmasi Klinik.
  5. Secara teratur menyelenggarakan berbagai kuliah tamu dan seminar internasional tentang farmasi klinik, yaitu ICCP (Indonesian Conference Clinical Pharmacy), dengan mendatangkan pakar di bidang farmasi klinik.
  6. Penerbitan jurnal farmasi klinik, yaitu Jurnal Farmasi Klinik Indonesia (Indonesian Journal of Clinical Pharmacy/IJCP), yang merupakan jurnal nasional terakreditasi dan Pharmacology and Clinical Pharmacy Research/PCPR, yang merupakan jurnal internasional.

Persyaratan Peserta:

  • Konsentrasi Farmasi Klinik dan Farmasi Rumah Sakit : Apoteker
  • Konsentrasi Biokimia Klinik : Farmasi, Apoteker, Biologi, Kimian, dan bidang lain yang serumpun 

Profil Lulusan  

Lulusan Program Studi Magister Farmasi tersebar dalam berbagai bidang pekerjaan yaitu :

  1. Apoteker yang melaksanakan layanan farmasi klinis di Rumah Sakit, Kinik, Puskesmas, Apotek, dan pelayanan kefarmasian lainnya.
  2. Apoteker di lembaga pemerintah (Dinas kesehatan, Kemenkes) dan non pemerintah (Yayasan Kesehatan).
  3. Tenaga ahli di Laboratorium Klinik.
  4. Sebagai pengajar atau dosen bidang farmasi (Farmasi klinik, Farmakologi).

Prodi Magister Farmasi, Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran

Jl. Raya Bandung-Sumedang Km 21,5 Jatinangor.

Email: farmasi@unpad.ac.id.  Website : http://farmasi.unpad.ac.id/pascasarjana/.

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363 - Indonesia, Telp : 84288888 Ext. 3510
Contact Us: farmasi@unpad.ac.id