Apoteker Cilik, Eduwisata Mengenal Profesi Apoteker dan Obat Sejak Dini

Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi (PUI-PT) Inovasi Pelayanan Kefarmasian, Universitas Padjadjaran mengadakan acara Apoteker Cilik, kegiatan eduwisata yang bertujuan untuk memperkenalkan profesi apoteker sekaligus obat-obatan kepada orang tua dan anak-anak PAUD As-Sunnah. Kegiatan ini diselenggarakan untuk merayakan hari kesehatan nasional yang jatuh pada tanggal 12 November 2019.

Apoteker Cilik bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai profesi apoteker dan obat melalui kegiatan yang menarik bagi anak-anak PAUD. Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Sekolah PAUD As-Sunnah, Hj. Ela Nurlaela, M.Pd.I.

“Kegiatan kunjungan ke Apotek Pendidikan Unpad kali ini bukanlah yang pertama kali. Anak-anak maupun orang tua telah merasakan manfaat dari informasi mengenai penggunaan obat yang benar. Mereka kunjungan ke apotek pendidikan dalam rangka pengenalan profesi, dan kali ini mengenalkan profesi apoteker kepada anak-anak.” Ujar Ela Nurlela.

Sebanyak 25 orang anak PAUD As-Sunnah mengikuti rangkaian acara Apoteker Cilik, yang terdiri dari perkenalan tentang profesi apoteker, cara mencuci tangan yang benar, dan bergantian mengunjungi apotek dan melihat proses pembuatan sirup, puyer, kaspul secara berkelompok.

Sementara anak-anak mengikuti rangkaian acara tersebut, para orang tua juga mengikuti penyuluhan tentang penggunaan obat yang benar (5 O), yaitu obat ini apa, obat ini khasiatnya apa, obat ini dosisnya berapa, obat ini bagaimana cara penggunaannya, obat ini efek sampingnya apa. Juga diberikan informasi tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), serta pelatihan pemilihan obat di Training Cen(ter Apotek Pendidikan. Orang tua sangat antusias mengikuti acara, terlihat dari banyaknya orang tua yang bertanya dan diskusi mengenai obat dan cara penggunaannya.

Hingga akhir acara, siswa PAUD As-Sunnah terlihat sangat senang dan sangat antusias ketika ditanya oleh panitia.

“Siapa yang mau jadi apoteker?” Tanya panitia. “Saya!” Jawab semua anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Program Studi Profesi Apoteker, Fakultas Farmasi, Universitas Padjadjaran

Jl. Raya Bandung-Sumedang Km.21 Jatinangor