Penyuluhan Bahaya Rokok “Be Smart and Cool Without Smoke”

Perilaku merokok di kalangan remaja bukanlah hal baru lagi. Tidak jarang kita menemukan remaja yang masih mengenakan seragam sekolahnya (baik SMP maupun SMA) merokok bersama teman-temannya ataupun sendiri. Pada umumnya pelajar Indonesia mengaku sudah mulai merokok antara usia 9 hingga 12 tahun. Saat ini, terdapat 1,1 miliar penghisap rokok di dunia, dan 45 persennya adalah pelajar. Tahun 2025 diperkirakan jumlahnya akan semakin bertambah mencapai 1,7 miliar remaja. Kebiasaan merokok dikalangan remaja memang memprihatinkan dan membutuhkan perhatian ekstra. Usaha preventif perlu dilakukan untuk menghindarkan remaja dari kebiasaan merok, salah satunya melalui penyuluhan mengenai bahaya merokok.

Sebagai wujud kepedulian terhadap perilaku rokok dikalangan remaja, pada tanggal 1 Juni 2013 yang lalu, Departemen Pengabdian Kepada Masyarakat BEM Keluarga Mahasiswa Farmasi Unpad bekerja sama dengan Jaringan Mahasiswa Kesehatan Indonesia (JMKI) Wilayah Priangan, menyelenggarakan penyuluhan tentang bahaya merokok di SMP Darul Fatwa, Jatiroke Sumedang Jawa Barat. Peserta yang hadir dalam acara ini berjumlah 97 orang yang terdiri dari siswa-siswi kelas 7 dan 8. Acara ini sekaligus merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan World No Tobacco Day 2013 dan menggangkat tema “Be Smart and Cool Without Smoke”.

Dalam acara ini, peserta diberi materi mengenai bahaya merokok oleh Bapak Gofarana Wilar, S.Si., Apt. Peserta terlihat antusias terhadap materi yang diberikan, terbukti dengan banyaknya siswa yang mengajukan pertanyaan setelah pemberian materi. Tidak hanya itu, peserta juga diajak melakukan simulasi langsung mengenai cara menolak dan menegur orang yang merokok. Acara ini juga dilengkapi dengan sharing dan lomba pembuatan poster antirokok. Poster – poster hasil karya siswa selanjutnya diberikan kepada pihak sekolah untuk ditempel di kelas-kelas, dengan tujuan untuk senantiasa mengingatkan siswa mengenai bahaya merokok. Keantusiasan siswa siswi SMP Darul Fatwa dalam mengikuti kegiatan penyuluhan ini diharapkan dapat memacu setiap individunya untuk berani menolak rokok, sehingga semakin banyak pelajar Indonesia yang terselamatkan dari perilaku merokok.

[nggallery id=16]

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363 - Indonesia Telepon: (022) 7796200 Faksimile: (022) 7796200
Contact Us: farmasi@unpad.ac.id