Program Doktor

Kemahasiswaan

Pola Pengembangan Kemahasiswaan

Tujuan utama pengembangan kemahasiswaan di Program Studi Doktor Farmasi Fakultas Farmasi Unpad adalah mendukung dan berupaya melengkapi kegiatan intrakurikuler dengan kegiatan ko-kurikuler, sehingga lulusannya memiliki nilai tambah berupa pengalaman berorganisasi, aktualisasi dan pengembangan diri, kepekaan terhadap lingkungan sekitar serta menjunjung nilai kebersamaan.

Sejak berdiri pada tahun 2016,  Mahasiswa Program Studi Doktor Farmasi mempunyai wadah untuk melaksanakan kegiatan kemahasiswaan bersama-sama dengan mahasiswa Program Studi Magister Farmasi Klinik dan Program Studi Magister Farmasi dalam Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran. Adapun beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun 2016 dan 2017 adalah pengadaan workshop “Bagaimana Publikasi di Jurnal Nasional Terakreditasi dan Jurnal Internasional Bereputasi” bekerjasama dengan Jurnal Farmasi Klinik Indonesia dan seminar serta Pelatihan HPLC untuk penelitian. Selain kegiatan yang bersifat akademik, himpunan pascasarjana juga rutin melakukan kegiatan olahraga dan seni bersama-sama dengan Kemafar.

Alumni

Untuk lulusan Pasca Sarjana Universitas Padjadjaran, terhimpun dalam ikatan alumni Pasca Sarjana Unpad. Salah satu  tujuan dari pendirian ikatan alumni ini  adalah memberikan masukan dari  program studi terutama dalam kurikulum, agar lebih aplikatif dan sesuai dengan kemajuan yang terjadi di lapangan.

Sedangkan lulusan program studi doktor farmasi, alumni masuk ke ikatan alumni fakultas farmasi Unpad tidak terpisah dalam ikatan alumni pasca sarjana. Hingga saat ini, alumni yang tercatat di Fakultas adalah 4000 orang, yang tersebar di hampir seluruh Indonesia. Himpunan Alumni, terwadahi dalam Ikatan Keluarga Alumni Komisariat Fakultas Farmasi sebagai bagian dari IKA Universitas Padjadjaran. Himpunan ini merupakan wadah seluruh alumni baik S1,  Apoteker, Magister dan Doktor yang memiliki AD/ART, visi – misi dan program kerja yang sejalan dengan tujuan pendidikan baik akademik maupun nonakademikdi Fakultas Farmasi Unpad.Ikatan alumni dipandang sebagai salah satu pilar penting dalam kemajuan dan pengembangan institusi. Nama himpunan alumni fakultas farmasi adalah Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran Komisariat Fakultas Farmasi (KOMFAK Farmasi).

Peran aktif alumni dalam menghimpun dan memberikan bantuan dana telah ditunjukkan baik dalam bentuk perorangan maupun mengatasnamakan Fakultas Farmasi Unpad. Sejak tahun 2011  penggalangan dana formal dilakukan dengan adanya Surat Keputusan Pengurus IKA Farmasi Unpad yang melakukan pembenahan keanggotaan dengan melaksanakan heregistrasi dan wajib membayar iuran anggota. Hasil penggalangan dana tersebut 50% dialokasikan untuk disumbangkan ke Fakultas dalam bentuk beasiswa dan bantuan kegiatan fakultas. Hampir setiap tahun IKA Farmasi melakukan kegiatan besar dalam bentuk seminar nasional dan temu alumni. Dalam event besar tersebut terkumpul sejumlah dana yang digunakan untuk membantu fakultas sesuai dengan kebutuhan yang disepakati. Selain itu juga ada pemberian beasiswa untuk bantuan studi mahasiswa dari berbagai angkatan.

Ikatan Alumni  memberi sumbangan fasilitas pendidikan berupa buku, alat dan bahan penelitian yang dihibahkan/dipinjamkan serta tempat simulasi konseling obat untuk mahasiswa yang akan bekerja di bidang pelayanan sehingga membantu pelaksanaan pendidikan di fakultas farmasi. Selain itu tempat kerja alumni juga dapat dijadikan sebagai tempat penelitian mahasiswa magister Fakultas Farmasi.

Alumni telah membentuk jejaring yang luas dan  kuat melalui Instansi-instansi tempat alumni itu bekerja guna memberikan informasi seperti lowongan pekerjaan, kegiatan pelatihan dan seminar-seminar. Selain itu Jejaring sosial seperti facebook dan milis di yahoo group serta WA juga telah memperkuat silaturahim, komunikasi dan informasi antar alumni dan alumni dengan almamaternya. Jejaring ini juga sering digunakan sebagai sarana informasi lowongan pekerjaan bagi alumni baru.

Alumni juga berperan aktif dalam memberikan masukan dan narasumber pada kegiatan pembelajaran seperti dilibatkan dalam proses evaluasi kurikulum sehingga materi yang diberikan dapat memenuhi kebutuhan stake holder. Sebagai salah satu contoh, di forum alumni ada komunitas alumni yang bekerja di industri yang memberikan masukkan terkait kurikulum supaya dapat sinergis dengan dunia kerja, pengembangan jejaring dan penyediaan fasilitas.

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363 - Indonesia Telepon: (022) 7796200 Faksimile: (022) 7796200
Contact Us: farmasi@unpad.ac.id