Pendaftaran Magister

Persyaratan Program Magister

Penjelasan Umum :

  1. Seleksi calon mahasiswa Program Magister Unpad dilakukan melalui mekanisme Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP).
  2. Proses seleksi terdiri atas seleksi administrasi dan ujian wawancara.
  3. Pendaftaran dan pengisian form online SMUP dapat dilakukan setelah peserta melakukan pembayaran Biaya Seleksi.

Persyaratan Pendaftaran :

  1. Warga Negara Indonesia, atau Warga Negara Asing yang mendapat persetujuan Dirjen Dikti.
  2. Pas foto terbaru berwarna ukuran 3×4 cm (upload pada saat mendaftar online).
  3. Memiliki ijazah S1 (Foto kopi ijazah yang telah dilegalkan dibawa ketika ujian wawancara)
  4. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) calon mahasiswa (Transkrip akademik yang telah dilegalkan wajib dibawa ketika ujian wawancara). IPK S1 minimum 2,75 untuk pendaftar Program Magister.
  5. Memiliki sertifikat Test Kemampuan Akademik (TKA) dari BPIP Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, TPA Bappenas, atau Instansi Pemerintah lainnya.
  6. Memiliki sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI) yang dikeluarkan dari Pusat Bahasa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran atau sertifikat ELT, TOEFL ITP, TOEFL IBT, IELTS.
  7. Mengunggah Ringkasan Proposal Usulan Penelitian untuk Tesis ketika mendaftar online. Ringkasan Usulan Peneltian memuat judul, latar belakang, permasalahan yang akan dipecahkan, tujuan dan metode penelitian. Ringkasan tidak lebih dari 350 kata.
  8. Menyerahkan proposal lengkap sebanyak 2 (dua) eksemplar ketika ujian wawancara.
  9. Disarankan memiliki Surat Rekomendasi dari 1 orang (Profesor atau Lektor Kepala dengan gelar minimum doktor sesuai bidang ilmunya atau atasan tempat Perserta bekerja). Surat Rekomendasi dibawa ketika ujian wawancara.
  10. Peserta seleksi mengisi form untuk pembayaran pendaftaran SMUP di Bank Mandiri, BNI dan BRI dan melakukan pendaftaran secara online.
  11. Peserta akses ke laman pendaftaran.unpad.ac.id untuk melakukan sign-up ke portal perserta SMUP. Data yang dibutuhkan adalah :
        1. Nama
        2. Nomor Ponsel
        3. Alamat Email
        4. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
        5. Tanggal lahir
        6. Alamat domisili
        7. Pendidikan Terakhir
        8. Mengisikan “Password” yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP. (Password harap diingat, karena akan selalu digunakan untuk setiap mengakses/login ke laman portal peserta SMUP).
  12. Peserta akan memperoleh nomor tagihan biaya seleksi SMUP. Klik tombol “Simpan/Print”, setelah mencetak nomor tagihan tersebut selanjutnya peserta membayar tagihan biaya seleksi ke Bank Mandiri, BNI, atau BRI. Proses pendaftaran dan memilih prodi dapat dilakukan setelah membayar biaya seleksi.
  13. Simpan dengan baik bukti pembayaran yang dimiliki.
  14. Mohon diperhatikan pada saat pembayaran di Bank, jelaskan jenjang Magister yang dipilih pada Teller Bank. Periksa kembali jenjang yang dipilih pada bukti pembayaran dari Bank tersebut. Kesalahan dalam pembayaran biaya seleksi menjadi tanggung jawab calon peserta.
  15. Peserta login kembali ke laman pendaftaran pendaftaran.unpad.ac.id dengan menggunakan NIK dan Password yang telah dibuat pada saat sign-up (Point 1).
  16. Melakukan pengisian form pendaftaran secara online. Untuk mempercepat proses pengisian Biodata online sebaiknya calon peserta sudah mempersiapkan :
      1. Data pribadi lengkap
      2. Data asal pendidikan
      3. Ringkasan dan proposal usulan penelitian
      4. Pilihan program studi
      5. Sertifikat TKA (TPA Bappenas atau dari Instansi Pemerintah Lainnya) dan TKBI (ELT, TOEFL ITP, TOEFL IBT, IELTS).
  17. Pengisian Biodata hanya diijinkan SATU KALI saja, dan tidak diberikan fasilitas untuk melakukan perubahan/perbaikan (EDIT) isian Biodata terhadap data yang sudah diisikan secara online.
  18. Setelah pengisian biodata online, calon peserta diharuskan untuk :
    1. Mencetak Biodata dan Pernyataan menggunakan kertas ukuran A4.
    2. Melengkapi isian Biodata dan Pernyataan tersebut.

Biaya Formulir Program Magister: Rp. 600.000,00

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363 - Indonesia Telepon: (022) 7796200 Faksimile: (022) 7796200
Contact Us: farmasi@unpad.ac.id