Kerjasama Program Doktor

Mitra Kerjasama Program Studi Doktor

Untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas kegiatan tridharma perguruan tinggi, maka Program Studi Doktor Farmasi Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran telah menjalin kerjasama dengan berbagai instansi, baik di dalam maupun di luar negeri. Jalinan kerjasama ini dikoordinasi oleh Manajer Riset, PPM, Inovasi dan Kerjasama Fakultas Farmasi.

Kerjasama di Bidang Pendidikan

Di bidang pendidikan, Program Studi Doktor Farmasi Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran telah menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi penyelenggara pendidikan farmasi se-Indonesia, yang tergabung dalam Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI).

Program Studi Doktor Farmasi Fakultas Farmasi menjalin kerjasama dengan berbagai universitas di luar negeri dalam bentuk kuliah tamu, workshop  dan bench marking. Kuliah tamu dan workshop yang telah diselenggarakan melibatkan staf pengajar  dari Gunma University (Jepang), Yonsei University (Korea) dan Universiti Sains Malaysia (USM).

Kegiatan bench marking beberapa staf Program Studi Doktor Farmasi Fakultas Farmasi dilakukan ke berbagai perguruan tinggi di Indonesia maupun di luar negeri, seperti College of Pharmacy, Monash University (Australia).

Kerjasama pendidikan dengan instansi di luar negeri telah memberikan kesempatan studi lanjut bagi dosen dan alumni Fakultas Farmasi Unpad di universitas tempat kerjasama, pengajar di instansi yang bekerjasama menjadi nara sumber kuliah umum, kuliah tamu, lokakarya atau seminar internasional, penyelenggaraan seminar internasional bersama serta pertukaran mahasiswa dan dosen.

Untuk meningkatkan kompetensi lulusan, Program Studi Doktor Farmasi telah menjalin kerjasama dengan industri farmasi, pedagang besar farmasi, instansi pemerintahan  dan berbagai fasilitas pelayanan kefarmasian, seperti apotek, rumah sakit dan puskesmas, terutama sebagai pemateri di kuliah umum, kuliah tamu, lokakarya dan seminar nasional/internasional. Jalinan kerjasama juga menghasilkan beasiswa dari berbagai instansi untuk mahasiswa yang kurang mampu dan penghargaan/award untuk lulusan terbaik. Pihak yang bekerjasama juga memberikan feed back digunakan untuk perbaikan dan evaluasi kurikulum serta kompetensi lulusan.

Kerjasama Bidang Riset

Di bidang riset, Program Studi Doktor Farmasi Fakultas Farmasi Unpad telah menjalin kerjasama dengan berbagai instansi di dalam dan di luar negeri. Kerja sama riset yang telah terkalin dengan berbagai instansi dalam negeri diantaranya dengan  LIPI, BPPT, BATAN, PT. Kimia Farma, PT. Prodia, PT. Jamu Borobudur dan berbagai fasilitas pelayanan kefarmasian, seperti apotek, rumah sakit dan puskesmas, terutama sebagai tempat pelaksanaan riset mahasiswa dan dosen. Kerja sama riset dengan berbagai instansi luar negeri diantaranya berupa:

  1. Post Doctoral Research di Toyama Medical and Pharmaceutical University (Jepang).
  2. Joint Research dengan Hohenheim Universitat (Stutgart, Jerman).
  3. Joint Research dengan University of the Phillipine (Manila, Filipina).
  4. Post Doctoral Research di Department of Pharmacy and Biology Munich University (Jerman).
  5. Training Course di Faculty of Agriculture Kyoto University (Jepang).
  6. Joint Research dengan Osaka Prefecture University (Jepang).
  7. Post Doctoral Research di Institut of Pharmacy – Ludwig Maximilliam (Munich, Jerman).
  8. Post Doctoral Research di Department of Chemistry, University of Braunsweigh (Jerman).
  9. Post Doctoral Research di Freie Universitat Berlin – Jerman.
  10. Sandwich Research dengan Yonsei University (Korea).
  11. Joint Research dengan Graduate School of Medicine, Gunma University (Jepang).
  12. Sandwich Research dengan INSA, Toulouse (Perancis).
  13. Joint Research dengan Monash University, Australia.
  14. Joint Research dengan Universiteit Twente
  15. Joint Research dengan Vrije University
  16. Joint Research dengan Universitas Pompeu Fabra Barcelona
  17. Joint Research dengan Faculty of Science Leiden University
  18. Joint Research dengan Chiang Mai University
  19. Joint Research dengan China Pharmaceutical University
  20. Joint Research dengan Vienna University
  21. Joint Research dan double degree program dengan Rutgers University the state of new jersey
  22. Joint Research dengan Tsukuba University
  23. Joint Research dengan Chiba University
  24. Joint Research dengan Groningen University
  25. Joint Research dengan Glouchestershire University

Kerjasama Bidang Pengabdian pada Masyarakat

Di bidang pengabdian pada masyarakat, Program Studi Doktor Farmasi Fakultas Fakultas Farmasi Unpad memberikan pelayanan berupa pelatihan swamedikasi, pemeriksaan pap smear dan pemeriksaan kesehatan gratis, yang bekerjasama dengan PT. Prodia dan PT. Kimia Farma. Selain itu dilakukan berbagai kegiatan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat bekerja sama dengan BPJS dan Kementrian Kesehatan RI..

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kefarmasian (pharmaceutical care), Program Studi Doktor Farmasi Fakultas Farmasi telah menjalin   kerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat berupa pelatihan farmasi klinis untuk tenaga kesehatan di puskesmas.

Pada tahun 2017, Program Studi Doktor Farmasi Fakultas Farmasi menyelenggarakan pengabdian masyarakat terpadu mahasiswanya dengan mahasiswa Program Studi Sarjana Farmasi dari  Universiti Sains Malaysia (USM) Malaysia di daerah Kabupaten Bandung.

Pada tahun 2017, Program Studi Doktor Fakultas Farmasi Unpad menyelenggarakan  seminar internasional, expo dan workshop tentang jamu. Pada kegiatan ini, diperkenalkan kepada masyarakat keberadaan jamu sebagai obat tradisional Indonesia yang telah mendunia.

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363 - Indonesia Telepon: (022) 7796200 Faksimile: (022) 7796200
Contact Us: farmasi@unpad.ac.id