Mahasiswa Baru S1 Farmasi 2018 Wajib Ikuti Program Pendidikan Berkarakter di Asrama

[Jatinangor, 8/7/2018] Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran kembali mewajibkan mahasiswa baru Program Studi Sarjana Farmasi angkatan 2018 untuk mengikuti program pendidikan berkarakter di Asrama yang tidak terpisahkan dari kurikulum Program Sarjana Farmasi.

Beberapa hal yang melatarbelakangi program asrama ini diungkapkan oleh Dekan Fakultas Farmasi, Prof. Dr. Ajeng Diantini, M.Si, diantaranya :

  1. Masyarakat ekonomi ASEAN yang barlaku sekarang ini menawarkan keterbukaan dalam berbagai hal dan memberikan tantangan sekaligus peluang bagi masyarakat Indonesia.
  2. Penerapan MEA berpengaruh pada berbagai sektor, bukan hanya perdagangan. Salah satu aspek yang perlu disiapkan yaitu sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam hal ini peningkatan kualitas SDM adalah melalui jalur pendidikan karena pendidikan adalah proses humanisasi yang membuat manusia mampu hidup sesuai dengan martabat kemanusiaannya.
  3. Perguruan Tinggi sebagai penghasil SDM setingkat sarjana dan pascasarjana di Indonesia diharapkan mampu mewujudkan terciptanya SDM Indonesia yang berkualitas, yaitu SDM yang tidak hanya memiliki intelektualitas yang tinggi tetapi juga memiliki karakter yang baik. Upaya yang dilakukan untuk mencapai hal tersebut adalah dengan pengintegrasian pendidikan karakter dalam proses pendidikan di perguruan tinggi.
  4. Universitas Padjadjaran adalah suatu institusi pendidikan tinggi yang ingin menghasilkan lulusan yang memiliki karakter yang baik menyertai intelektualitas yang tinggi.

Menurutnya, berbagai upaya dilakukan untuk mengasah karakter peserta didik, antara lain dengan didirikannya Asrama Mahasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa tahun pertama yang wajib tinggal di asrama selama satu tahun. Selain memiliki tujuan untuk mengasah karakter mahasiswa selama tinggal diasrama, tujuan lain yang tidak kalah penting adalah melindungi mahasiswa baru dalam lingkungan baru yang belum dikenalnya sehingga keamanan mahasiswa baru dapat terjaga dengan baik.

“Menjaga keamanan mahasiswa baru ini juga sebagai bentuk penghargaan kepada orang tua yang sudah mempercayakan pendidikan putra-putrinya di UNPAD dengan harapan agar mahasiswa baru terhindar dari lingkungan buruk yang dapat mengancam keberhasilan proses pendidikan di kampus.” Ujar Prof Ajeng.

“Program pendidikan karakter yang dilakukan di Asrama tidaklah terpisah dari kurikulum pendidikan tetapi terintegrasi didalamnya, sehingga tinggal di asrama menjadi suatu kewajiban bagi peserta didik agar lulusan Universitas Padjadjaran dapat menjadi SDM Indonesia berkualitas yang siap membangun negeri dan meningkatkan daya saing bangsa.” Tutupnya.

Wakil Dekan Farmasi Unpad, Prof. Muchtaridi, M.Si, Apt. juga ikut mendukung program Asrama 2018 ini.

“Lulusan Unpad ke depan harus memiliki soft skill yang unggul dan memiliki Karakter RESPECT. Karena ke depan selain ijazah akademik mahasiswa akan mendapatkan ijazah soft skill atau SKPI” ungkap Prof. Muchtaridi.

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363 - Indonesia, Telp : 84288888 Ext. 3510
Contact Us: farmasi@unpad.ac.id