Farmasi Rumah Sakit

Pendahuluan

Instalasi farmasi rumah sakit merupakan suatu unit atau bagian yang menyelenggarakan kegiatan kefarmasian di rumah sakit yang dipimpin dan dimotori oleh farmasis. Kegiatan tersebut meliputi kegiatan farmasi non klinik (perencanaan, penetapan spesifikasi produk dan pemasok, pengadaan, pembelian, produksi, penyimpanan, pengemasan, distribusi perbekalan kesehatan lainnya yang beredar di rumah sakit) maupun kegiatan klinik (pemantauan dan evaluasi penggunaan obat, pelayanan farmasi di bangsal, pelayanan informasi obat, penelitian dan pengembangan dll), sehingga instalasi farmasi rumah sakit menjadi suatu bentuk organisasi produksi, pengembangan dan pelayanan jasa.

Dalam dekade terakhir, telah terjadi proses perubahan paradigma farmasi yang mendasar yaitu perubahan dari paradigma yang hanya berorientasi pada produk (product oriented) menjadi paradigma yang tidak hanya berorientasi terhadap produk tetapi juga berorientasi pada pasien (patient oriented). Dalam terminologi patient oriented, peningkatan kualitas hidup pasien menjadi konsen bagi seorang farmasis, untuk itu farmasis dituntut juga untuk dapat memahami kompleksitas kesehatan masyarakat agar dapat berkontribusi positif dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang kesehatan sejalan dengan adanya ledakan terapeutik, penyakit, informasi dan kemajuan ilmu pengetahuan di bidang farmasi. Kemajuan di bidang kedokteran dan farmasi telah banyak mengubah paradigma lama dan juga telah banyak ditemukan inovasi mengenai diagnosis maupun pengobatan terbaru. Dalam konteks farmasi rumah sakit, kompetensi farmasis rumah sakit di luar negeri menjadi acuan, dimana tersedianya SDM yang memiliki kemampuan farmasi klinik dan non klinik yang memadai untuk melakukan kegiatan kefarmasian di rumah sakit. Program pendidikan farmasi pun diarahkan menjadi program pendidikan yang sifatnya spesialistik. Hal tersebut menuntut adanya upgrade ilmu pengetahuan bagi tenaga farmasi di Indonesia yang ingin melakukan kegiatan pelayanan   farmasi,   mengingat   era   globalisasi  menuntut adanya suatu standar pelayanan farmasi yang sama di setiap negara.

VISI

Menghasilkan lulusan yang profesional dan berdaya saing tinggi dalam mengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi farmasi rumah sakit serta terapannya

MISI

  1. Mengembangkan program pendidikan yang unggul dalam bidang Farmasi Rumah Sakit yang relevan dengan tuntutan pengguna
  2. Meningkatkan kompetensi dan profesionalitas pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit.
  3. Mengembangkan pola kerjasama dalam peningkatan kualitas.

Tujuan

Mencetak lulusan berkeahlian farmasi rumah sakit yang profesional, beretika moral, sesuai perkembangan dan tuntutan pengguna.

Kompetensi

  1. Memahami tujuan terapi, serta mampu melakukan pemilihan terapi rasional berdasarkan biofarmasetika, farmakokinetika dari produk obat sesuai kebutuhan pasien
  2. Memahami etiologi dan prinsip patofisiologi penyakit untuk dasar pemilihan obat
  3. Memahami obat berdasarkan kelas terapinya (ADR, interaksi obat)
  4. Mampu memilih produk obat sesuai peruntukannya
  5. Mampu mengembangkan asuhan kefarmasian yg berorientasi pasien
  6. Mampu melakukan perencanaan, pengelolaan, pengendalian dan penyampaian obat serta penyuluhan obat secara objektif dan ilmiah
  7. Mampu bekerjasama dengan tim klinis dan berkomunikasi empati secara profesional
  8. Mampu Menerapkan nilai etika dan moral
  9. Bertanggung jawab dalam mengambil keputusan
  10. Mampu berfikir konseptual dengan pemahaman secara ilmiah dalam menyelesaikan masalah yang terkait obat
  11. Memiliki inisiatif aktif dan inovatif untuk selalu meningkatkan diri dalam keilmuan serta pendidikan.

Sasaran

Farmasis bekerja di rumah sakit, farmasi komunitas, institusi pendidikan, pemerintahan, dan institusi lainnya yang terkait, serta tenaga kesehatan yang tertarik dengan keilmuan farmasi rumah sakit.

Kurikulum

Semester I 

No Mata Kuliah SKS
1 Filasafat Ilmu 2
2 Biostatistika 2
3 Metodelogi Penelitian 2
4 Manajemen Farmasi Rumah Sakit 3
5 Farmaskoterapi 3
6 Manajemen Kesehatan 2
Total SKS 14

 Semester II 

No Mata Kuliah SKS
1 Farmaskokinetika Klinik 3
2 Pelayanan Informasi Obat & Konseling 2
3 Farmasi Praktis 3
4 Manajemen Mutu Terpadu Rumah Sakit 2
5 Praktik Farmasi Rumah Sakit 6
Total SKS 16

 Semester III

No Mata Kuliah SKS
1 Seminar Usulan Peneltian (SUP) 1
2 Tesis 6
Total SKS 7

Syarat Pendaftaran :

Syarat peserta  :
Lulusan S-1 Farmasi, Kedokteran, Biologi,  dan bidang lain yang sesuai dan serumpun ,
Persyaratan  umum :
Dapat dilihat di website http://www.smup.unpad.ac.id

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21,
Jatinangor 45363 - Indonesia
Contact Us:
farmasi@unpad.ac.id