Acara Long March Healthy Without Tobacco di Car Free Day Dago Bandung

Di masa kini merokok sudah seperti gaya hidup bagi sebagian besar masyarakat, khususnya di Indonesia. Baik muda maupun tua banyak yang terjerat dalam bujuk rayu rokok. Dan jumlahnya meningkat dari tahun ke tahun. Ini dikarenakan kurangnya kepedulian akan kesehatan dirinya sendiri dan lingkungannya.

Dalam rangka upaya menyadarkan masyarakat mengenai bahayanya resiko yang ditimbulkan akibat merokok, diperlukan adanya sosialisasi langsung mengenai bahaya merokok.

Dalam merealisasikan maksud tersebut, BEM Kemafar yang bekerjasama dengan Jaringan Mahasiswa Kesehatan Indonesia Wilayah Priangan (JMKI WP), ISMAFARSI, dan IPSF menyelenggarakan acara long march yang ditujukan untuk masyarakat Bandung dengan tajuk “Long March Healthy Without Tobacco”. Acara ini telah diselenggarakan pada hari  Minggu 2 Juni 2013 pukul 07.00-09.35 bertempat di lokasi Car Free Day Dago di pelataran parkir Episode Factory Outlet, Jalan. Ir. H. Juanda No.125, Bandung.

Acara long march ini merupakan suatu acara puncak dari seluruh rangkaian acara World No Tobacco Day yang diadakan oleh Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran. Acara ini merupakan acara terpenting dari rangkaian acara World No Tobacco Day karena partisipan berpartisipasi langsung dan terjun langsung  ke masyarakat Bandung untuk memberikan informasi serta konsultasi langsung tentang bahayanya merokok bagi kesehatan.

Pada acara long march terdapat stand pemeriksaan tensi yang berada pada pelataran parkir Episode Factory Outlet yang didalamnya terdapat para apoteker dari fakultas farmasi UNPAD yang bertugas untuk memberikan tentang informasi tentang bahaya merokok dari  dan dibantu oleh para mahasiswi dari fakultas keperawatan UNPAD yang bertugas untuk memeriksa tensi dari masyarakat yang berdatangan ke dalam stand.Peserta yang terlibat dalam acara ini yaitu kurang lebih hampir 200 peserta yang meliputi peserta dari kemafar UNPAD serta peserta dari JMKI wilayah priangan.Pada pagi menjelang siang yaitu tepatnya pada pukul 07.45 setelah peserta melakukan registrasi ulang serta persiapan berbaris untuk pawai diadakan pawai anti-merokok dan para peserta membawa alat-alat pawai yang menunjukan tentang bahaya merokok serta hal yang ditimbulkan dari merokok.Pada saat pawai terdapat orator yang berorasi tentang merokok dan bahayanya dari mengkonsumsi rokok dan juga peserta  menyanyikan yel-yel pada saat pawai berlangsung dan melakukan pengambilan rokok dari jalanan serta dari masyarakat yang sedang merokok.Lalu pawai terhenti di depan stand acara long march ,pada saat pawai terhenti terdapat penampilan kreasi seni dari panitia long march,dimana panitia berpura-pura menjadi perokok lalu menghentikan pawai anti-rokok tersebut,dan diakhir dari penampilan diperagakan efek dari merokok terus menerus yaitu kematian.Selanjutnya pawai dilanjutkan sampai atas car free day dago,lalu peserta turun kembali di depan stand.Dan diadakan games untuk peserta yaitu mencari tanda tangan dari masyarakat yang peduli akan “World No Tobacco Day” dan hasil pengumpulan tanda tangan ini akan diberikan kepada Walikota Bandung,dan pemberian tanda tangan ini adalah hasil kerja sama dengan BEM KEMA UNPAD yang nantinya juga akan memberikan simbolis dari putung-putung rokok yang disusun membentuk bulatan dan akan diberi tanda silang yang akan diberikan kepada Walikota Bandung juga.Dan pada akhir acara ditutup dengan pelepasan balon yang terdapat surat harapan dari salah satu masyarakat bandung tentang “rokok” yang iikatkan pada tali balon dan terdapat simbolis tulisan”WNTD” yang telah diikatkan juga serta pelepasan balon diiringi lagu dari penampilan guest star SSPI dari fakultas farmasi UNPAD.

Dengan adanya acara ini diharapkan masyarakat lebih memahami serta mengetahui bahaya yang akan ditimbulkan dari merokok dan mengubah pola hidup mereka menjadi lebih sehat.

[nggallery id=17]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363 - Indonesia Telepon: (022) 7796200 Faksimile: (022) 7796200
Contact Us: farmasi@unpad.ac.id