Kolaborasi Departemen PPM BEM Kemafar UNPAD Dengan PPM Prioritas Dosen Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran

HAJAR atau Hayu Mengajar 2016 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Departemen PPM BEM Kemafar UNPAD dan berkolaborasi dengan Program PPM Prioritas Dosen. Menurut Penanggung jawab PPM Prioritas, Arif Budiman, “Kegiatan ini diselenggarakan karena adanya kesinambungan antara program mahasiswa dan dosen untuk memberikan pengajaran terhadap sekolah yang ada di wilayah Jatinangor”

Para pengajar berasal dari Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran mulai dari angkatan 2015, 2014, dan 2013. Kegiatan yang memiliki tema besar ‘Aku Anak Indonesia Cerdas dan Sehat’ dilaksanakan di MI Miftahul Ulum, Desa Cilayung dengan sasaran siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6. Hayu Mengajar dengan slogan ‘Bermain sambil Belajar’ memiliki output agar siswa dapat merasakan proses belajar yang efektif namun tetap menyenangkan.

Hayu Mengajar 2016 dilaksanakakan selama 4 minggu yang dimulai pada hari Sabtu, 10 September 2016. Rangkaian acara hayu mengajar tiap minggu nya memiliki tema berbeda. Pada minggu pertama, tema yang disampaikan pengajar yaitu PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) dengan menggunakan alat peraga berupa poster, yang meliputi cara mencuci tangan, cara menyikat gigi yang benar, dan limbah lingkungan. Tema ini disampaikan agar membiasakan anak-anak untuk hidup bersih dan sehat sejak dini.

1

Pada minggu kedua, tema yang disampaikan yaitu ‘Jika Aku Menjadi Apoteker’. Pada minggu ini, pengajar yang khususnya berasal dari Fakultas Farmasi memperkenalkan profesi Apoteker kepada siswa-siswi MI Miftahul Ulum melalui alat peraga kefarmasian, seperti jas lab, masker, kertas perkamen, dan cangkang kapsul. Siswa-siswi pun berkesempatan untuk belajar bagaimana cara melipat pulveres dan memasukkan serbuk ke dalam cangkang kapsul.

2

Bukan hanya materi yang  disampaikan oleh pengajar, di minggu ketiga, dilakukan pembuatan alat peraga berupa penjernih air dari botol bekas dengan bahan-bahan seperti arang, pasir, kerikil dan ijuk. Selain itu juga membuat gunung api yang bisa di bentuk dari baking soda dan cuka.

3

Pada pertemuan terakhir, Hayu Mengajar mengangkat tema ‘Aku Anak Indonesia’. Pada minggu ini, siswa-siswi di kenalkan dengan hal-hal terkait dengan budaya di Indonesia dan cita-cita. Di akhir acara, siswa-siswi menuliskan cita-cita mereka dalam kertas yang kemudian di pajang di kelas masing-masing.

“Diharapkan kegiatan ini tetap berlangsung setiap tahunnya sebagai bentuk komitmen Universitas Padjadjaran dalam memberikan kontribusi terhadap masyarakat sekitar berupa edukasi dini, khususnya untuk anak-anak.” tutup Arif Budiman.

Penulis: Aulia Alfiana (Staff Dept. Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat BEM Kemafar, Project Supervisor Hayu Mengajar 2016)

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21,
Jatinangor 45363 - Indonesia
Contact Us:
farmasi@unpad.ac.id