Kembali Berprestasi, Mahasiswa Farmasi UNPAD Raih Juara III dalam Kompetisi Nasional Pharmaceutical Industry Case Study (PICS) 2017

Perwakilan tim Farmasi Unpad yang beranggotakan 5 orang, Silvia Permata Sari, Ernestine Arianditha, Valentine Sofiani, Riyadi, dan James Prasetyo berhasil meraih Juara III dalam kompetisi nasional Pharmaceutical Industry Case Study (PICS) 2017. PICS merupakan salah satu bidang perlombaan dalam rangkaian acara Pharmanova (Pharmacy on Innovation) yang diselenggarakan 22-24 September 2017 di kampus Institut Teknologi Bandung.

Pada cabang perlombaan PICS, peserta bekerja sama untuk menyelesaikan studi kasus yang berhubungan tentang industri farmasi, mulai dari profil perusahaan sampai produk, regulasi, distribusi, dan pemasaran. Tema PICS pada tahun ini ialah isolasi dan pemanfaatan bahan baku kitosan sebagai eksipien dan nutraseutikal. Tim Farmasi Unpad sendiri mengangkat ide tentang pembuatan bahan baku kitosan yang dimodifikasi menjadi kitosan tripoliphosphat sebagai eksipien pembentuk polimer dan kitosan suksinat sebagai bahan nutrasetikal yang dapat dikombinasi dengan NaCl untuk alternatif garam bagi penderita hipertensi.

Terdapat tiga tahap yang harus dilalui, dimana pada tahap pertama seluruh tim yang mendaftar diwajibkan membuat proposal berupa makalah yang menjawab beberapa pertanyaan kasus. Sejumlah 10 tim yang berhasil lolos dan melanjutkan ke tahap semifinal, yaitu presentasi dan tanya jawab mengenai makalah dan lanjutan kasus dari tema sebelumnya. Pada tahap final, sebanyak 6 tim diberi soal yang baru diberikan pada hari perlombaan dan harus dikerjakan hanya dalam waktu 4 jam kemudian langsung dipresentasikan di depan juri.

Semoga dengan meraih juara di cabang PICS ini dapat memicu semangat mahasiswa Farmasi Unpad untuk terus berkompetisi di bidang apapun. Semangat berkompetisi! [RFN]

Penulis:¬†Ernestine Arianditha (Farmasi UNPAD ‘014)

 

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21,
Jatinangor 45363 - Indonesia
Contact Us:
farmasi@unpad.ac.id