Pandemic Covid-19, selain menurunkan kesehatan masyarakat bahkan menyebabkan banyak kematian, keberadaan virus ini juga berdampak pada terganggunya perputaran ekonomi masyarakat.

Kebijakan PSBB untuk memutuskan rantai penularan virus Covid-19 menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan dan tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Demi membantu masyarakat yg kehilangan penghasilan dan semangat berbagi di bulan suci Ramadhan, Mahasiswa Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran menyerahkan 141 paket sembako dan Alat Pelindung Diri (APD) ke Satuan Tugas Covid-19 di desa Hegarmanah pada Minggu 26 April pukul 20.30 WIB. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang tergabung dalam Farmasi Peduli Covid-19 Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran, yang diawali dengan penggalangan dana sehingga terkumpul total jumlah Rp 5.550.600, serta sejumlah donasi lainnya.

Paket sembako diserahkan untuk warga yang terdampak melalui para ketua RT dan RW desa Hegarmanah yang dikoordinasi juga oleh Satuan Tugas Covid-19 Desa Hegarmanah. Paket sembako ini berisi bahan kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, makanan kaleng, biskuit juga sabun dan pasta gigi untuk kebutuhan keluarga. Selain itu, juga diserahkan leaflet untuk informasi dan edukasi tentang pencegahan Covid-19, serta Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker kain sebanyak 564 pcs dan handsanitizer sebanyak 141 botol.

Selain itu juga Team PKM PSPA Fakultas Farmasi UNPAD memberikan edukasi dan informasi terkait pemahaman pencegahan Covid-19 di kantor desa kepada Satuan Tugas Covid-19 desa Hegarmanah yang terdiri dari aparatur desa, Ormas Pemuda Pancasila Ranting Hegarmanah, Pecinta Alam Wanapala, Karang Taruna dan Linmas yang diakui masih minim informasi mengenai Covid-19. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian PSPA Fakultas Farmasi UNPAD sehingga memberikan manfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dalam masa pandemi Covid-19 ini. Kita senantiasa berdoa kepada Allah memohon pertolongan Semoga Pandemi ini segera berakhir, Aaminn Ya Rabbal Aalaamin.