Fakultas Farmasi Kembali Menerbitkan Buku

Kemajuan teknologi dan perkembangan kesejahteraan dalam kehidupan manusia, telah memicu kesadaran akan pentingnya hidup sehat dengan memanfaatkan segala sumber daya alam yang ada disekitarnya. Hal ini terbukti dengan banyak munculnya jenis obat yang dikenal dengan sebutan “jamu” yang dibuat dari suatu jenis tanaman tertentu atau campuran dari berbagai jenis tanaman.

Namun demikian, dalam tataran farmakologi, peredaran dan produksi jamu seperti itu tidak dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah karena belum melalui prosedur proses penelitian yang tepat, baik bagi segi keamanan konsumsi, pembuatan formula, maupun efeknya dalam jangka panjang dari sisi medis.

Oleh karena itu, Dr.Resmi Mustarichie bersama Dr.Jutti Levita dan Ida Musfiroh berinisiatif untuk menerbitkan Buku yang merupakan pembuka jalan untuk mengetahui langkah-langkah yang harus disiapkan dalam mengembangkan penelitian tanaman untuk pengobatan, mulai dari parameter kualitas simplisia, penapisan fitokimia, hingga menukik rinci ke dalam elusidasi strukturnya untuk menemukan zat bioaktif yang dikandung suatu jenis tanaman sehingga bisa ditujukan untuk memperoleh efek tertentu dalam implementasi pengobatan suatu penyakit.

Buku ini selain untuk bahan ajar juga dapat dipergunakan sebagai bahan acuan pertama bila seseorang ingin melakukan penelitian tumbuhan dan bahan bioaktifnya. Buku yang sebaiknya dimiliki oleh semua orang yang concern mengenai tumbuhan !!!!
Tim Pengarangnya adalah ahli-ahli farmasi yang mempunyai background pendidikan kimia farmasi dan telah menghasilkan banyak publikasi nasional dan internasional disertai dengan editornya seorang Profesor di bidang bahan alam.

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363 - Indonesia Telepon: (022) 7796200 Faksimile: (022) 7796200
Contact Us: farmasi@unpad.ac.id