Farmasi Unpad Membuka Magister Farmasi Rumah Sakit

Jatinangor,25/12/09. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dibidang kesehatan sejalan dengan adanya ledakan terapeutik, penyakit, informasi dan kemajuan ilmu pengetahuan dibidang farmasi. Dalam dekade terakhir ini,dunia farmasi telah terjadi perubahan paradigma yang mendasar, yaitu perubahan paradigma yang tidak hanya berorientasi pada produk (product oriented), namun juga beriorientasi pada pasien (patient oriented ). Dalam konteks patient oriented, Apoteker diharapkan mampu menjadi bagian dari tim kesehatan (dokter,apoteker, perawat dan tenaga kesehatan lainnya) dan menjalankan peranan serta tanggung jawabnya sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Pendidikan di luar negri menjadi acuan dalam membentuk SDM farmasi khususnya farmasis rumah sakit, dimana pendidikan tersebut menyediakan jenjang spesialisasi untuk meningkatkan kemampuan farmasis rumah sakit.

Atas dasar hal tersebut Fakultas Farmasi UNPAD memandang perlu berkontribusi terhadap permasalahan diatas. Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah, Insyaallah Fakultas Farmasi akan menyelenggarakan PROGRAM MAGISTER FARMASI RUMAH SAKIT. Program tersebut direncanakan akan berjalan pada bulan Februari 2010.

Magister Farmasi Rumah Sakit memberikan bekal kompetensi sebagai farmasis rumah sakit untuk dapat melaksanakan pekerjaan farmasi rumah sakit non klinik (perencanaan, penetapan spesifikasi produk dan pemasok, pengadaan, pembelian, produksi, penyimpanan, pengemasan, distribusi perbekalan farmasi dan perbekalan kesehatan lainnya yang beredar di rumah sakit) maupun pekerjaan farmasi rumah sakit klinik (pemantauan dan evaluasi penggunaan obat, pelayanan farmasi di bangsal, pelayanan informasi obat, penelitian dll).

Kegiatan akademik terbagai menjadi 3 jenis, yaitu perkuliahan, praktek kerja (klinik & non klinik) dan tugas akhir. Masa studi didesain selama 18 bulan. Magister Farmasi Rumah sakit ditunjang oleh staf pengajar fakultas kedokteran dan Fakultas Farmasi dengan kualifikasi master, spesialis, doktor dan guru besar, serta praktisi yang sesuai dengan bidang keilmuan terkait. Praktek kerja dilangsungkan pada rumah sakit khusus pendidikan atau teaching hospital UNPAD yang dinaungi oleh 5 fakultas kesehatan di UNPAD (Kedokteran, Kedokteran gigi, farmasi, perawat, psikologi).

Informasi Lebih Lengkap Hubungi :
Tim magister farmasi rumah sakit
Cp. Ivan S Pradipta : 08995060936
e-mail : s2frs_unpad@yahoo.co.id

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363 - Indonesia Telepon: (022) 7796200 Faksimile: (022) 7796200
Contact Us: farmasi@unpad.ac.id