[Farmasi.unpad.ac.id – Jatinangor, 22/2/2020] Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran melalui Departemen Farmasetika dan Teknologi Farmasi (FTF) bekerjasama dengan Pusdi Penemuan dan Pengembangan Produk Obat pada tahun 2020 ini akan menjalankan program peningkatan kompetensi farmasi industri menggunakan fasilitas lab sentral unpad.

“Peningkatan kompetensi farmasi industri perlu ditingkatkan karena didorong oleh semakin tingginya kebutuhan industri Farmasi akan lulusan apoteker maupun magister yg mampu menyelesaikan berbagai masalah yg dinamis di dunia industri.” Ujar Dr. Sriwidodo, M.Si,.Apt, Kepala Departemen FTF (22/2/2020).

“Kegiatan tersebut dalam bentuk penelitian kerjasama industri, workshop, dan seminar.” Lanjutnya.

Menurutnya, dengan program ini diharapkan kompetensi di bidang RnD, produksi, QA, dan bidang2 lain yg semakin berkembang, akan semakin meningkat, baik untuk mahasiswa maupun praktisi.

Beberapa prinsipal dan vendor bahan baku farmasi dalam dan luar negeri telah menyatakan kesediaannya turut serta membantu program ini melalui kegiatan yang akan dilaksanakan pada tgl 24 Februari 2020 yang berkolaborasi dengan Perusahaan Farmasi ShinEtsu dan Lawsim.

“Workshop dalam bentuk technical seminar terkait polimer untuk formulasi farmasetika akan dilaksanakan di Laboratorium Sentral, Universitas Padjadjaran yang memiliki alat-alat produksi dan evaluasi skala pilot untuk sediaan solid.” Tutur Sriwidodo.

“Dengan kolaborasi ini, diharapkan fakultas farmasi unpad turut berperan aktif dalam meningkatkan kompetensi farmasi, khususnya di bidang farmasi industri.” Tutupnya.

Beberapa fasilitas produksi di lab sentral