Farmasi Unpad Gelar PKM Kolaborasi Interprofesional di Desa Cimekar

[Jatinangor, 24/03/18] Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran (Unpad) berkolaborasi dengan BEM Kemafar Unpad, IKA Unpad Komfak Farmasi, PD IAI Jabar dan Kemenkes RI menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Interprofessional Collaboration di Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, dengan tema Sinergis Apoteker untuk Indonesia Sehat dalam rangka Dies Natalis ke-59 Farmasi Unpad pada Hari Sabtu tanggal 24 Maret 2018.

Kegiatan ini didukung penuh oleh PT. Indofarma, PT. Biofarma, PT. Cendo Pharmaceutical Industry, dan PT. Novell Laboratories yang juga dihadiri oleh Wakil Rektor 3 Unpad, Dr. Keri Lestari, Dekan Fakultas Farmasi Unpad, Prof. Ajeng Diantini, dan Kepala Desa Cimekar, Didin S.Pd.I.

Ada berbagai rangkaian kegiatan yang dilakukan diantaranya ialah general check-up, edukasi kesehatan, konsultasi dengan dokter, pelayanan resep, dan pelayanan informasi obat.

Acara ini memfasilitasi berbagai rumpun ilmu kesehatan yang terdiri dari tim dokter, tim perawat, dan tim apoteker (alumni dan dosen fakultas farmasi unpad) dimana masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang cukup memadai karena tersedianya dokter umum dan dokter spesialis anak, spesialis kandungan, dan spesialis penyakit dalam.

“Universitas mendorong riset dan pengabdian masyarakat yang berbasis Interprofesional Collaboration, sehingga menghasilkan produk dan layanan kesehatan yg komprehensif dan berkualitas karena didukung oleh tenaga yg professional di bidangnya.” Tutur Dr. Keri Lestari.

“Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut dengan berbasis riset yang telah dilakukan dan menjadi bahan untuk kajian riset selanjutnya, serta menjadi wahana bagi mahasiswa untuk mengenal implementasi keilmuannya bagi masyarakat.” Tutupnya.

Antusias masyarakat sendiri sangat tinggi dengan dihadiri 195 orang yang datang untuk mengikuti rangkaian kegiatan ini. Selain itu, ketua beserta anggota posyandu dari Desa Cimekar turut meramaikan acara ini.

“Alhamdulillah PKM kolaborasi FF dg FK dan FKep dpt berjalan sesuai dg rencana, utk menunjukkan kepedulian UNPAD kpd masyarakat sekitar Jatinangor, khususnya dlm bidang kesehatan.” Ujar Prof. Ajeng.

“Selain pengobatan gratis yang disambut antusias, pada kesempatan ini dilakukan juga program pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan dengan berbagai edukasi sebagai upaya promosi dan prevensi yang didukung juga dengan kehadiran narasumber perwakilan dari BPJS.” Lanjutnya.

“InSyaa Allah PKM kolaborasi dengan berbagai tenaga kesehatan ini dapat dilaksanakan dengan teratur dan konsisten sehingga masyarakat secara langsung dapat merasakan manfaat atas kehadiran UNPAD.” Tutupnya.

Ucapan terimakasih kepada tim kesehatan dari FK dan FKep :

  1. dr. Trully Deti Rose Sitorus, M.Si., Sp.FK,
  2. dr. Henhen Sp.PD,
  3. Prof. Dr. Diah D, M.Si., Apt.
  4. dr. Yunisa Pamela, M.Sc.
  5. Dra. Anisah Dahlab, M.Kes., Apt.
  6. dr. Wulan Mayasari, MH. Kes.
  7. Yanti Mulyana, M.Kes., Apt.
  8. Nina Sumarni, S.Sos., S.Kep, Ners, M.Kes
    Valentina Belinda Marlianti M.Kep.
  9. Fera Novianti, S.I.Kom.
  10. dr. Vita Muniarti Tarawan, M.Kes., AIFO. SH., Sp.OG.

Galeri Foto

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363 - Indonesia, Telp : 84288888 Ext. 3510
Contact Us: farmasi@unpad.ac.id