Fakultas Farmasi Unpad dan Sekolah Farmasi USM Malaysia Jalin Kerjasama dalam Pharmapreneurship Camp

Jatinangor (18/7/2017) – Program Studi Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Unpad dan Pusat Pengajian Sains Farmasi Univesiti Sains Malaysia (USM) menjalin kerjasama dalam kegiatan Pharmapreneurship Camp Tahun 2017. Bentuk kerjasama tersebut diwujudkan dalam kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu-Senin, 8-10 Juli 2017 di Wisma area Situ Cigayonggong, Subang, Jawa Barat. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang mahasiswa dan 2 orang dosen dari USM serta 13 orang mahasiswa dan 3 orang dosen dari Fakultas Farmasi Unpad.

Peserta Pharmapreneurship Camp dari Farmasi Unpad dan USM tiba di Subang pada Hari Sabtu pukul 18.30 WIB setelah menempuh perjalanan 3 jam dari Kampus Unpad Jatinangor. Selanjutnya dilakukan opening ceremony pada pukul 19.30 WIB yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Farmasi Unpad, Prof. Dr. Ajeng Diantini, M.Si., Apt.

 

 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk training oleh konsultan yang juga merupakan Alumni Fakultas Farmasi Unpad Tahun 1999, yaitu Ihya, S.Farm., Apt. Pharmapreneurship Camp dikemas dalam bentuk games aplikatif dan inspiratif terkait farmasi, khusunya di Bidang Industri. Training yang dilakukan diantaranya games psikotest untuk mengetahui karakter seseorang bekerja secara individual atau kelompok, games HRD untuk menentukan karakter seseorang sehingga penempatan kerja sesuai dengan karakter individu, games produksi dilakukan dengan membuat produk sabun mandi berbentuk batangan, games distribusi dengan memindahkan produk secara kelompok serta materi dari drh. Tarya mengenai pengolahan produk yogurt dan kerupuk berbahan susu sapi dari petani lokal. Selain itu, peserta juga melakukan kunjungan ke industri pengolahan susu sapi tersebut

 

 

Ihya S.Farm., Apt. menyampaikan bahwa, “Farmasi adalah bidang ilmu aplikasi yang kompleks dari hulu ke hilir. Berawal dari formulasi, penelitian, pengawasan mutu dan diakhir dengan pelayanan ke masyarakat. Oleh karena itu, kemandirian sangat diharapkan dari seorang Apoteker. Dengan program ini semoga bisa mengubah paradigma yang ada. Selain harus siap bekerja, Apoteker juga mampu menciptakan lapangan kerja”.

Shahirah Yasin, mahasiswa dari USM memberikan kesan,” Bagi saya Camp ini bagus, mungkin kalau bisa buat lebih lama lebih banyak yang dapat kita belajar tentang entrepreneurship. Aktiviti yang diadakan juga sangat menarik sekali. Kalau di Malaysia, entrepreneurship dalam kalangan farmasi itu baru berkembang kerana kami lebih kepada hospital. Mungkin jika diadakan di Malaysia, kami akan bagikan pelajar Unpad tentang sistem hospital dan peranan farmasi di hospital Malaysia”.

Selain itu, Dr. Amirah M. Ghazali. selaku perwakilan dosen dari USM menyampaikan,” Kegiatan semacam ini memiliki feedback positif untuk anak-anak USM, sebab dari kegiatan ini mahasiswa boleh belajar untuk mandiri, berjiwa entrepreneurship, dan memiliki tekad yang kuat dalam kondisi seperti apapun. Saya rasa tempat ini pun recommended, jika berkenan saya rasa dapat extend 3 hari disini.

Muchtaridi, Ph.D., Apt. selaku perwakilan Dosen Fakultas Farmasi Unpad menyampaikan, “Kegiatan Pharmapreneurship Camp ini merupakan kegiatan yang positif. Kegiatan ini mendukung internasionalisasi Fakultas Farmasi Unpad dan sesuai visi Unpad 2019. Kegiatan ini telah berlangsung untuk kedua kalinya, dimana Mahasiswa USM melakukan kunjungan ke Jawa Barat yang bekerja sama dengan Unpad. Namun, mahasiswa Unpad belum pernah melakukan kunjungan ke Malaysia yang difasilitasi USM. Oleh karena itu, agar kerjasama ini berlangsung dua arah, maka ke depan akan direncanakan Mahasiswa Unpad akan berkunjung ke Malaysia untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) internasional”.

Penulis : Yuli Agung Prasetyo dan Syah Akbarul Adha [Mahasiswa Program Studi Profesi Apoteker UNPAD]

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363 - Indonesia Telepon: (022) 7796200 Faksimile: (022) 7796200
Contact Us: farmasi@unpad.ac.id