Fakultas Farmasi Adakan Kuliah Lapangan sebagai Salah Satu Mata Kuliah Wajib

Fakultas Farmasi Unpad melaksanakan salah satu Mata Kuliah wajibnya bagi angkatan 2014, yaitu Kuliah Lapangan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperluas wawasan dalam bidang kefarmasian, baik dari segi permasalahan yang sering terjadi di lapangan, maupun memperluas wawasan dalam hal laboratorium dan lembaga penelitian dalam bidang farmasi. Oleh karena itu, diharapkan mahasiswa tidak hanya mendapatkan pemahaman materi secara teoritis di dalam kelas, namun juga pengaplikasiannya secara nyata di lapangan.

Kuliah Lapangan ini dilaksanakan pada tanggal 28 – 30 Agustus 2017, dengan mengunjungi Industri dan Lembaga Pemerintah yang ada di Bandung, Bekasi, dan Jakarta. Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh Mahasiswa/I angkatan 2014 dengan jumlah 169 orang, serta 8 Dosen dan Pegawai Fakultas Farmasi Unpad yang kemudian terbagi menjadi 4 bis dengan beberapa tujuan yang berbeda.

Pada hari pertama, bis 1,2, dan 4 mengunjungi PT. Coca Cola Amatil Indonesia yang terletak di Rancaekek, Bandung. Sedangkan, bis 3 mengunjungi PT. Triman Pharmaceutical Industry yang juga terletak di Rancaekek, Bandung. Selanjutnya, bis 1 menuju PT. Kimia Farma Plant Bandung, bis 2 menuju PT. Caprifarmindo, bis 3 menuju LAFI AD, dan bis 4 menuju PT. Enseval Putera Megatrading.

Pada hari kedua, bis 1 dan 3 menuju PT. Mandom Indonesia, Tbk yang terletak di Cikarang, bis 2 menuju PT. Kimia Farma Plant Jakarta, dan bis 4 menuju BPOM Jakarta. Setelah itu, dilanjutkan dengan bis 1 menuju PT. Menarini dan bis 4 menuju Kemenkes Jakarta. Kegiatan pada masing – masing perusahaan relatif sama, meliputi sambutan, pemaparan company profile, company visit, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Setelah kunjungan selesai, setiap bis menuju penginapan untuk membuat laporan dan persiapan presentasi untuk keesokan harinya.

Pada hari ketiga ini, kegiatan Kuliah Lapangan pun ditutup dengan melakukan presentasi dari setiap kelompok bis dengan tujuan pemerataan materi melalui sharing kegiatan yang dilakukan oleh masing – masing kelompok dengan penilaian yang dilakukan oleh dosen.

Penulis: Fitriani Jati Rahmania

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363 - Indonesia Telepon: (022) 7796200 Faksimile: (022) 7796200
Contact Us: farmasi@unpad.ac.id