Dr. Jutti Levita, M.Si., Apt

jutti

LIHAT DIREKTORI KEPAKARAN Dr. Jutti Levita disini!

Ibu dari lima anak ini lahir di Surabaya tanggal 9 April 1963, adalah staf pengajar tetap di Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran Bandung sejak tahun 1993. Perjalanan studi diawali dari SD Laboratorium School IKIP Malang, SMP Santa Angela Bandung dan SMA Negeri 2 Bandung. Gelar Sarjana diperoleh tahun 1986 dari Jurusan Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran dan gelar Apoteker pada tahun 1987 dari universitas yang sama. Gelar Magister Sains dalam bidang Kimia Farmasi diperoleh dari Departemen Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung tahun Januari 1999, dan gelar Doktor Farmasi dalam keilmuan Farmakokimia-Kimia Medisinal diperoleh dari Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung pada Maret 2011.

Setelah menjabat sebagai Kepala Laboratorium Analisis Farmasi periode 2002-2012, saat ini Jutti Levita ditugaskan sebagai Kepala Departemen Analisis Farmasi dan Kimia Medisinal di Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran. Bidang penelitian yang ditekuninya adalah tentang mekanisme molekular kerja obat untuk perancangan dan penemuan obat baru, melalui pendekatan berbasis struktur. Beberapa penelitiannya telah dipublikasikan di dalam jurnal nasional (Bionatura LPPM Universitas Padjadjaran dan Indonesian Journal of Pharmacy Universitas Gadjah Mada) serta jurnal internasional terindeks Scopus dan SciFinder (ITB Journal of Science, Journal of Applied Sciences, International Journal of Pharmacology, Asian Journal of Plant Sciences, Asian Journal of Chemistry, dan International Journal of Chemistry). Dia juga menjadi anggota organisasi ilmiah nasional (Perhimpunan Ahli Kimia Medisinal Indonesia) dan internasional (American Chemical Society divisi Kimia Medisinal sejak 2011).

Untuk memperdalam ilmunya, Jutti Levita menyempatkan diri mengikuti berbagai workshop, terutama dalam bidang pemodelan molekul dan mekanisme kerja obat: (1) ACPS Workshop on Computational Drug Design and Discovery di Fakultas Farmasi, Universitas Gajah Mada; (2) Pelatihan Ketrampilan Teknik Laboratorium Biomolekuler: Protein dan Imunologi dengan SDS-PAGE, ELISA, dan Western Blot di Departemen Oral Biologi, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia; (3) Pelatihan Dasar-dasar Proteksi Radiasi, di Bidang Keselamatan Kerja, Pusat Radioisotop dan Radiofarmaka, BATAN, Serpong; (4) Kursus Singkat Kultur Jaringan, Laboratorium Pusat Kedokteran Tropis, Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada).

Jutti Levita juga pernah menjadi visiting student pada mata kuliah Computational Design and Synthesis of Drugs di Faculteit der Exacte Wetenschappen, Vrije Universiteit, Amsterdam, the Netherlands (Oktober – Desember 2008), serta sebagai visiting researcher meneliti tentang prediksi perhitungan afinitas proton senyawa obat di School of Chemical Sciences, Faculty of Sciences, the University of Auckland, Auckland, New Zealand (September – November 2013). Selain itu dia juga aktif berinteraksi dengan peneliti-peneliti nasional maupun internasional melalui seminar-seminar, baik di dalam negeri maupun di luar negeri (ICCST-1 di Chiang Mai, Thailand dan ICCST-2 di Nigde, Turki). Buku yang diterbitkannya adalah (1) Metode Penelitian Tanaman Obat ISBN 978-602-8323-54-3 (2011) Penerbit Widya Padjadjaran-Bandung dan (2) Pemodelan Molekul dalam Kimia Medisinal ISBN 978-979-756-832-0 (2012) Penerbit Graha Ilmu-Yogyakarta.

Penghargaan yang diraihnya, yaitu (1) Satya Lencana Karya Satya (KepPres RI No. 025/TK/2008); (2) Satya Lencana Karya Satya (KepPres RI No. 033/TK/2009); (3) Sertifikat Pendidik sebagai Dosen Profesional dari KemDikNas (2009); (4) Dosen Berprestasi Peringkat II Fakultas Farmasi (2008); (5) Satya Karya Bhakti Kelas II dari Rektor Universitas Padjadjaran (2011); (6) Dosen Berprestasi Peringkat I Fakultas Farmasi (2013), (7) Dosen Berprestasi Peringkat II Universitas Padjadjaran (SK Rektor No. 1782/UN6.RKT/KP/2013), dan (7) penghargaan Ismafarsi Award sebagai the Most Favourite Pharmacy Lecturer (2013).

Di luar kegiatan akademiknya, Jutti Levita adalah seorang ibu dari lima anak (tiga anak laki-laki yang telah lulus S1 serta dua anak perempuan masih studi S1 dan SMP). Dia juga seorang eyang dari tiga cucu.

scholar_logo_lg_2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363 - Indonesia Telepon: (022) 7796200 Faksimile: (022) 7796200
Contact Us: farmasi@unpad.ac.id