Doktor Baru Bidang Bioteknologi di FFUP

Pada tanggal 8 Juli 2015, telah dikukuhkan gelar doktor bagi Tina Rostinawati oleh Sekolah Farmasi ITB setelah berhasil melewati Sidang Terbuka dalam mempertahankan Disertasi yang berjudul “Studi Performa Katalitik Siklodekstringlukosil Transferase Wild Type, H43K, P84Y, Y93F, Y188L, dan S468F dari Bacillus sp. A5-2a.” Doktor Bidang Bioteknologi di FFUP kini bertambah menjadi total tiga orang.

Dilansir dari unpad.ac.id, menurut Tina “Ini masih dalam tahap penelitian dasar, yang kedepannya nanti kalau mempunyai kinerja enzimnya lebih baik, siklodestrin ini akan ditujukan untuk masyarakat produknya. Jadi sekarang baru pada tahap mencari residu-residu (asam amino) yang berperan pada sifat-sifat yang berpengaruh pada parameter kinetik dan spesifitas produknya,” Siklodestrin mempunyai peranan luas, diantaranya untuk memperbaiki kelarutan obat dalam air sehingga meningkatkan bioavaibilitas senyawa obat, meningkatkan stabilitas senyawa obat, dan agregasi.

Tina juga berharap “penelitian ini akan membuka peluang untuk penelitian lanjutan, antara lain pengetahuan baru tentang residu-residu CGTase BA2-5a yang berperan dalam pengikatan substrat di situs katalitik, stabilitas reaksi siklisasi, spesifitas produk dan sifat kooperatif CGTase BA2-5a.”

Selamat!

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363 - Indonesia Telepon: (022) 7796200 Faksimile: (022) 7796200
Contact Us: farmasi@unpad.ac.id