Beasiswa dan Bantuan Biaya Kuliah

Fakultas Farmasi menyadari bahwa saat ini terdapat banyak mahasiswa yang kesulitan dalam pembayaran SPP dan uang praktikum, sehingga bersama KEMA melalui Farmasi Peduli mengupayakan penghimpunan dana baik dari subsidi silang pengelolaan program Paralel, penghimpunan dana Alumni, dan upaya Swadaya lainnya untuk membantu meringankan kesulitan tersebut. Beasiswa / Kesejahteraan mahasiswa antara lain adalah hak untuk memperoleh beasiswa/tunjangan atau fasilitas lain seperti asrama dan sebagainya bagi yang memenuhi syarat. Kegiatan kesejahteraan mahasiswa ini tidak saja meliputi yang bersifat materiil, tetapi juga dalam bentuk non materiil, seperti kegiatan pembinaan kerohanian.

A. Jenis-jenis beasiswa/tunjangan
Jenis-jenis beasiswa/tunjangan dapat dibagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu :
1. Beasiswa Pemerintah
Jenis beasiswa ini bersumber dari Badan/Instansi Pemerintahan, antara lain Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) dari Depdiknas, Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dari Depdiknas, Bantuan Penanggulangan Akibat Kerusuhan (BPAK) dari Depdiknas, Peningkatan Prestasi Akademik-Khusus (PPA-Khusus) diperuntukan bagi mahasiswa tingkat pertama, Bantuan Pendidikan Mahasiswa (BPM), Bantuan Kerja Mahasiswa (BKM) Selain itu ada juga beasiswa iktatan dinas yang diberikan oleh pihak POLRI dan ABRI.
2. Beasiswa Swasta
Jenis beasiswa ini bersumber dari Yayasan Swasta, antara lain : BMU (Beasiswa Masuk UMPTN) dari Yayasan Supersemar, Sumitomo dari Bank Sumitomo, Pertamina dari PT. Pertamina, Tbk., Tifico, Toyota Astra dari PT. Toyota Astra International,Tbk., Korindo, Pikiran Rakyat, Pos GIRO dari PT. POS Indonesia, PT. Smart, Dupont dari PT. Dupont Indonesia, Tempo, Indocememnt dari PT. Indocement, Tbk., LKP/BGG Golf dari Bandung Giri Gahana Golf, Bank Indonesia, Salim dari Yayasan Salim, PPI Korda Kansai dari PT. Love PPI Kansai Jepang, Ibu Try Sutrisno dari Yayasan Ibu Try Sutrisno, Gudang Garam dari PT. Gudang Garam International, Tbk., Unilever dari PT. Unilever Indonesia, Tbk., Aetna Life Indonesia, Sanbe Farma dari PT. Sanbe Farma, Djarum Super dari PT. Djarum, Yampi, Epson, Mobil Oil

B. Prosedur / Syarat-syarat mendapatkan Beasiswa
Prosedur untuk mendapatkan beasiswa / kesejahteraan mahasiswa ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu :
1. Surat permohonan diatas segel, ditujukan kepada Rektor Universitas Padjadajran u.p. Pembantu Rektor III
2. Diusulkan oleh Fakultas
3. Pas Photo ukuran 4 x 6 3 buah
4. Photo Copy KTM yang berlaku
5. Photo Copy Kartu Keluarga
6. Data Kemajuan Studi / Transkrip IPK minimal 2, 50
7. Pernyataan tidak mampu dari pemerintah Daerah
8. Daftar penghasilan/gaji orang tua yang disyahkan oleh instansi