[Jatinangor, 13/10/19] BEM Kemafar Unpad melalui angkatan 2018 (Doxepin) Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran (Unpad) berkolaborasi dengan FK Unjani, Pradipa FKG Unpad,  IYPG (Indonesian Young Pharmacist Group) Jawa Barat, Swamedika Nusantara, KSR Unpad, dan PMI Kabupaten Sumedang menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa Pengobatan Gratis Interprofessional Collaboration dan Donor Darah di Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, dengan tema kegiatan  MACCIATO (Mari Cintai Paru-Paru With Doxepin). Doxepin disini adalah nama angkatan 2018 Fakultas Farmasi Unpad.

Kegiatan ini didukung penuh oleh Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran, PT. Detik Print, IYPG Jawa Barat, PMI Kabupaten Sumedang, dan pemerintahan Desa Cimekar yang diwakili oleh Kepala Puskesos (Pusat Kesejahteraan Sosial), Ening Ruhyanda.

Kegiatan ini merupakan agenda rutinan yang dilaksanakan tiap tahun oleh Bem Kemafar Unpad yang ditugaskan kepada angkatan kedua termuda fakultas Farmasi Unpad sebagai pelaksana yang bertujuan sebagai ajang pembelajaran bagi mahasiswa farmasi unpad untuk memulai  bersosialisasi dengan masyarakat sebelum nantinya terjun langsung kepada masyarakat sebagai seorang apoteker yang dituntut harus bisa berkomunikasi yang baik dalam mengedukasi masalah kesehatan terkait pemberian informasi obat.

Ada berbagai rangkaian kegiatan yang dilakukan diantaranya ialah medical check-up yang terdiri atas uji kolesterol, uji asam urat, dan uji glukosa, konsultasi dengan dokter umum, konsultasi dengan dokter gigi, pelayanan resep, pelayanan informasi obat. Acara ini difasilitasi oleh tim dokter dan tim apoteker berpengalaman yang diharapkan masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang cukup memadai. 

Selain dari rangkaian kegiatan pengobatan gratis, pada kesempatan ini terdapat juga kegiatan donor darah yang bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial khusus bagi orang yang sehat baik itu dari warga desa cimekar maupun dari mahasiswa Farmasi Unpad itu sendiri supaya lebih terdorong untuk berbagi dan membantu kepada sesama yang membutuhkan karena sedikit darah yang bisa kita sumbangkan akan berarti bagi kehidupan dan memberikan harapan besar bagi yang membutuhkan.

Kegiatan Pengobatan gratis berlangsung dari jam 08.30 WIB sampai jam 12.00 WIB dan kegiatan donor darah berlangsung dari jam 10.00 WIB sampai jam 13.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri sekitar 180 peserta. 150 diantaranya adalah warga desa cimekar dan kurang lebih 30 diantaranya dari mahasiswa farmasi Unpad.Berdasarkan data yang diperoleh,  dokter gigi terdapat 26 pasien, dokter umum terdapat 100 pasien, dan donor darah terdapat 54 pendonor. Dan kurang lebih 30 diantaranya berasal dari mahasiswa Farmasi Unpad sebagai pendonor. Alhamdulillah kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana tanda ada kendala.

“Harapannya kegiatan PKM ini bisa bermanfaat kepada masyarakat terutama dalam hal masalah kesehatan semoga cukup terobati, dan kegiatan ini harapannya bukan hanya sekedar wujud pelaksanaan sebuah kewajiban dari Tri Dharma perguruan tinggi di Indonesia yang  ditakutkan akan luntur rasa kepeduliannya setelah kewajiban tertunaikan. Namun lebih dari itu, selepas dari kegiatan ini diharapkan dari mahasiswa farmasi Unpad meningkat rasa kepedulian sosial terhadap sesama dan rasa itu melekat didalam jiwanya. Ini bukanlah akhir untuk berhenti belajar menjadi pribadi bermanfaat, ini merupakan awal bagi kita untuk belajar menebar kebermanfaatan lebih luas,” Ujar Achmad Al Baihaqi ketua pelaksana PKM (Macciato) 2019.