BEM Kemafar dalam IPSF World Congress 2016 di Zimbabwe

International Pharmaceutical Students Federation (IPSF) merupakan federasi mahasiswa farmasi dari seluruh dunia. Pada tahun ini, IPSF kembali melaksanakan agenda tahunan yaitu kegiatan World Congress. Zimbabwe Pharmaceutical Student Association (ZPSA) ditunjuk menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan 62nd IPSF World Congress 2016. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29 Juli – 8 Agustus 2016 di University of Zimbabwe, Harare, Zimbabwe.

Pada kesempatan ini, Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran melalui BEM Kemafar Unpad mengirimkan satu orang delegasi yaitu Rico Saputra dari angkatan 2013 yang mewakili BEM Kemafar Unpad saat General Assembly pada 62nd IPSF World Congress 2016. Selain kegiatan General Assembly, pada 62nd IPSF World Congress 2016 juga disertai dengan berbagai kegiatan yang bersifat formal maupun informal seperti Symposium, Workshop, Industry and Pharmacy Visit, Public Health Campaign, kompetisi (Education and Sciencetific Poster, Patient Counseling Event/PCE, Clinical Skill Event/CSE, dan CSE Jeopardy) dan Gala Night.

Dari beberapa kegiatan kompetisi tersebut, Rico Saputra bersama dengan delegasi Indonesia dari Universitas lainnya mendapat juara ke-4 dalam kategori CSE Jeopardy. “CSE Jeopardy merupakan kegiatan interaktif analisis skenario klinik untuk farmasis rumah sakit atau sistem kesehatan. Kegiatan ini menuntut seorang farmasis untuk ke depannya dapat meningkatkan kemampuan problem solving klinis apoteker, keterampilan komunikasi verbal dan tertulis, dan untuk mempromosikan peran apoteker peduli pada pasien”, kata Rico.

IPSF WC 2016 1
Foto bersama peserta CSE Jeopardy

Selanjutnya pada acara International Night, delegasi dari masing-masing negara berbagi budaya seperti makanan dan minuman, pakaian tradisional, serta cinderamata khas yang mewakili negara masing-masing delegasi. Delegasi dari Indonesia membawa makanan khas Indonesia seperti rendang kering, kue nastar, pisang sale dan pakaian adat lengkap dengan peralatan serta cinderamata yang didesain unik dari Indonesia. Selain itu, delegasi dari Indonesia juga menampilkan tarian tradisional dan aransemen musik khas Indonesia.

IPSF WC 2016 2
International Night

Kegiatan 62nd IPSF World Congress 2016 tahun ini diakhiri dengan Gala Night merupakan malam puncak untuk perpisahan seluruh delegasi dimana terdapat pengumuman tuan rumah untuk World Congress 2017 serta pengumuman untuk pemenang semua kompetisi. Selama kegiatan World Congress, delegasi didukung penuh oleh Fakultas Farmasi, Universitas Padjadjaran dan disponsori oleh Bank BJB serta Kimia Farma Trading and Distribution (KFTD).

IPSF WC 2016 3
Bersama delegasi dari beberapa negara lain dalam 62nd IPSF World Congress 2016 di Harare, Zimbabwe

“Saya berharap dari Fakultas Farmasi Unpad dapat ambil bagian dengan mengirimkan delegasi setiap tahunnya pada kegiatan World Congress, karena dengan kegiatan ini dapat mengukur dan meningkatkan kemampuan calon farmasis di Indonesia dan update mengenai isu kefarmasian di tingkat dunia”, tutur Rico lebih lanjut.

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363 - Indonesia Telepon: (022) 7796200 Faksimile: (022) 7796200
Contact Us: farmasi@unpad.ac.id