Agustus 2012: Mahasiswa S1, S2, dan S3 Harus Publikasi Makalah Ilmiah ke Jurnal Sebagai Syarat Kelulusan

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) melalui surat keputusannya no. 152/E/T/2012 mengeluarkan keputusan bahwa mahasiswa yang lulus di atas Bulan Agustus 2012 diwajibkan memiliki publikasi di Jurnal Ilmiah. Berikut petikan keputusan DIKTI:

“….terhitung mulai kelulusan setelah Agustus 2012 diberlakukan ketentuan sebagai berikut :

  1. Untuk lulus program Sarjana harus menghasilkan makalah yang terbit pada jurnal ilmiah.
  2. Untuk lulus program Magister hams telah menghasilkan makalah yang terbit pada jurnal ilmiah nasional diutamakan yang terakreditasi Dikti.
  3. Untuk lulus program Doktor harus telah menghasilkan makalah yang diterima untuk terbit pada jurnal internasional.

 

Menurut Dirjen Dikti yang disampaikan melalui media massa (Kompas, 5/2/2012), keputusan ini dibuat agar mahasiswa mempunyai kemampuan menulis secara ilmiah. Apa saja yang ia pelajari selama kuliah, termasuk bisa juga ringkasan skripsi. Selain itu, keputisan ini dikeluarkan dengan tujuan mengejar ketertinggalan publikasi ilmiah indonesia dibandingkan negara-negara lain. Sebagai contoh jumlah publikasi ilmiah Indonesia hanya satu per tujuh saja dibandingkan negara tetangga Malaysia.

Dengan keluarnya keputusan ini, tentunya Perguruan Tingga lebih harus memawas diri dengan meningkatkan kualitas tugas akhir atau penelitian  mahasiswa. Salah satunya mengurangi plagiarisme yang terjadi di skripsi dan tesis yang dibuat oleh mahasiswa dan dibimbing oleh dosennya, bahkan dengan keputusan ini dosen harus menyertakan nama mahasiswa yang dibimbingnya sebagai penulis utama dalam publikasinya.

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363 - Indonesia Telepon: (022) 7796200 Faksimile: (022) 7796200
Contact Us: farmasi@unpad.ac.id