PIMFI 2015 di Unpad

Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran (FFUP) patut berbangga, pasalnya berdasarkan hasil Rakernas (Rapat Kerja Nasional) ke-12 ISMAFARSI (Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia) di Makassar, terpilih sebagai tuan rumah penyelenggara PIMFI 2015. PIMFI merupakan Pekan Ilmiah MahasiswaFarmasi Indonesia, yang merupakan agenda kegiatan kefarmasian berskala nasional dari ISMAFARSI yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali. Pada PIMFI sebelumnya, yaitu tahun 2013 dilaksanakan di Universitas Tanjungpura, Pontianak.

PIMFI 2015 mengusung tema “Peningkatan Kualitas Pelayanan Kefarmasian Indonesia dalam Menghadapi Dunia Profesi Apoteker di Era Global.” Adapun prinsip dari pelaksanaan PIMFI 2015 ialah Pharmaceutical Care. Menurut Dekan FFUP Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., bahwa pemberlakuan pasar bebas Asean (MEA) pada akhir 2015, berimplikasi pada peningkatan persaingan bursa tenaga kerja, termasuk tenaga profesional seperti Apoteker/Farmasis. MEA mensyaratkan adanya penghapusan aturan-aturan yang sebelumnya menghalangi perekrutan tenaga kerja asing, hal ini menuntut kita untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing baik regional maupun global, sehingga saya berharap PIMFI 2015 dapat menjadi wahana untuk meningkatkan daya saing mahasiswa farmasi, untuk mempersiapkan diri menghadapi persaingan dunia profesi di era global tersebut.

Pelaksanaan rangkaian acara PIMFI 2015 pada 10-16 Agustus 2015 berlokasi di Jatinangor dan Bandung. Adapun rangkaian kegiatan dan kompetisi yang dilaksanakan yaitu Clinical Skill Event (CSE), Lomba Produk Mahasiswa Farmasi Indonesia (LPMFI), Lomba Herbarium, Good Pharmacy Practice Education (GPPeD),  Good Manufacturing Process Education (GMPeD), Patient Counselling Training (PCT) dan Patient Counselling Event (PCE), Mahasiswa Berprestasi Farmasi Indonesia, Debat Nasional Farmasi, Rapat Tengah Tahun ISMAFARSI, Bandung Trip Adventure, Gala Night Dinner dan ISMAFARSI Award.

PIMFI 2015 ini diharapkan menjadi suatu upaya penyediaan wadah bagi peningkatan kapasitas mahasiswa farmasi untuk menghadapi dunia kerja dan menyelesaikan masalah kesehatan secara professional dan menyeluruh di Indonesia.

(Kontributor: Flamboyan dan Angga P. K.)

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363 - Indonesia Telepon: (022) 7796200 Faksimile: (022) 7796200
Contact Us: farmasi@unpad.ac.id